Tips & Trik

Cara Memperkuat Sinyal HP agar Mudik Bisa Tetap Eksis, Dijamin Ampuh dan Aman!

Sinyal tidak stabil saat dalam perjalanan? Tenang saja, permasalahan tersebut bisa diatasi dengan cara memperkuat sinyal HP.

Memasuki musim mudik lebaran tahun 2023, banyak perantau yang melakukan perjalanan mudik ke tanah kelahirannya masing-masing. Tak lain dan tak bukan, tujuannya untuk bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama dengan keluarga tercinta.

Dalam perjalanan mudik, sinyal HP seringkali naik turun tidak stabil. Hal tersebut tentunya membuat perangkat tidak bisa digunakan dengan optimal.

Sinyal HP memiliki peran yang sangat penting. Terlebih, ketika dalam perjalanan, HP digunakan untuk komunikasi, membantu perjalanan mudik seperti mencari jalan menggunakan Google Maps, update di media sosial, menonton hiburan, dan lain sebagainya.

Kegiatan penting dan aktivitas untuk mengisi kegabutan ketika macet tentunya tidak akan bisa dilakukan jika kekuatan sinyal lemah, apalagi sinyal hilang.

Untuk itu, langkah memperkuat sinyal perlu diketahui oleh setiap pengguna HP yang akan mudik, agar komunikasi dalam perjalanan tetap lancar dan tidak membosankan.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan sinyal hilang ketika mudik. Diantaranya, adalah diluar jangkauan area jaringan provider yang digunakan, sedang ada perbaikan jaringan oleh operator, faktor cuaca, receiver sinyal HP bermasalah, posisi kartu SIM kurang tepat, atau software HP bermasalah.

Tanpa berlama-lama, berikut ini Hallo GSM sajikan beberapa metode yang bisa dilakukan untuk memperkuat sinyal HP baik itu ketika dalam perjalanan mudik atau aktivitas lain yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Cara Memperkuat Sinyal HP

Restart HP

Restart atau memulai ulang merupakan langkah pertama yang bisa kamu lakukan ketika sinyal HP melemah yang ditandai dengan lemot ketika mengakses internet.

Dengan cara ini, kinerja perangkat termasuk sinyal akan dimulai dari awal, yang membuatnya kembali bekerja dengan optimal.

Setelah restart

, HP otomatis akan mencari jaringan baru, yang membuat sinyal menjadi lebih baik. Adapun caranya adalah dengan menekan tombol Power selama beberapa detik atau kombinasi tombol Power dan volume atas secara bersamaan.

Cara Memperkuat Sinyal HP dengan Mengaktifkan Mode Pesawat

Jika HP kamu tidak bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon, mengirim pesan melalui SMS, atau mengecek pulsa/kuota, kamu bisa memancing sinyal dengan mengaktifkan mode pesawat atau airplane mode, kemudian menonaktifkannya kembali.

Cara ini bisa memperkuat sinyal dengan lebih cepat. Bisa dikatakan, ketika mode pesawat aktif, koneksi jaringan HP di refresh.

Pindah Lokasi

Besar kemungkinan provider yang kamu gunakan penyebaran sinyalnya belum merata hingga ke tempat kamu saat ini.

Untuk mendapatkan sinyal yang lebih kuat dan stabil, cobalah pindah ke tempat lain yang lebih terbuka dan kemungkinan bisa menangkap sinyal.

Atur Mode Jaringan

Mengatur mode jaringan bisa memperkuat sinyal HP. Ketika berada di tempat dengan sinyal lemah dan tidak stabil, kamu bisa mengatur ulang jaringan di HP.

Metode ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan jaringan di lokasi kamu berada. Apakah jaringan 3G, 4G, atau 5G yang tersedia.

Jika HP kamu sudah menggunakan jaringan 5G, namun berada di lokasi yang menyediakan jaringan 4G, maka HP akan kesulitan menangkap sinyal 5G dan berakibat sinyal lemah.

Untuk memperkuat sinyal, kamu bisa mengatur mode jaringan ke mode lain seperti 4G dari menu Pengaturan.

Cek SIM Card

Jika sinyal tiba-tiba melemah dan hilang, tidak ada salahnya untuk mengecek posisi SIM card. Pastikan posisinya benar dan pas pada slotnya.

Hal ini perlu dilakukan karena pemasangan SIM card yang kurang tepat membuat SIM card tidak terbaca dan otomatis sinyal tidak akan terdeteksi.

Kamu juga bisa memindahkan SIM dari slot 1 ke 2 untuk mengetes apakah ada permasalahan di pada slot.

Ganti Provider

Semua provider jaringan sudah pasti menawarkan jaringan yang stabil. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan jika di tempat atau wilayah tertentu justru sinyalnya lemah.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengganti provider penyedia layanan komunikasi yang kamu gunakan ke provider lain untuk sinyal yang lebih kuat.

Hindari Menggunakan Case Tebal

Tidak bisa dipungkiri, case atau pelindung HP yang terlalu tebal pada bisa mengganggu performa sinyal.

Oleh karena itu, disarankan hindari penggunaan case yang terlalu tebal. Lebih baik gunakan case original yang pastinya sesuai dengan HP yang digunakan.

BACA JUGA: Cara Agar HP Tidak Bisa Dilacak Lokasinya, Privasi dan Keamanan Jadi Lebih Terjaga!

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat sinyal HP. Selamat mencoba dan semoga bisa membantu.