Tips & Trik

Cara Mempercepat Kinerja HP Android, Dijamin Bebas Lemot!

Ingin terbebas dari HP lemot? Cara mempercepat kinerja HP perlu kamu coba untuk mengatasi permasalahan kinerja yang melemah yang ditandai dengan lemot, lag, dan sebagainya.

Performa atau kinerja HP bisa menurun seiring berjalannya waktu karena usia pemakaian. Hal tersebut tentunya membuat HP tidak bisa digunakan secara optimal.

Kinerja yang menurun biasanya ditandai dengan munculnya permasalahan seperti lemot, dalam artian HP terlambat merespon ketika menjalankan perintah.

Sehingga, aktivitas tidak bisa berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya. Ketika hal itu terjadi, tentunya pengguna bisa kesulitan mengakses fitur atau aplikasi yang ada pada HP tersebut.

Menurunnya kinerja HP tentunya bukan tanpa sebab. Perlu diketahui, ada 3 faktor penyebab sebuah HP memiliki kinerja cepat. Ketiganya yakni prosesor, RAM, dan penyimpanan internal.

Jika ketiga performa tersebut mengalami masalah, seperti RAM dan penyimpanan yang penuh, maka otomatis kinerja HP tidak secepat seperti pertama kali digunakan, ketika kapasitas RAM dan penyimpanan masih lega.

Jika kamu merasa kinerja HP yang digunakan tidak secepat dulu, tenang saja, karena ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengembalikan performanya.

Cara Mempercepat Kinerja HP

Restart atau Mulai Ulang HP

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mempercepat kinerja HP adalah dengan melakukan restart atau mulai ulang.

Cara ini sangatlah mudah dan praktis. Meskipun begitu, restart terbukti mengatasi berbagai permasalahan lag, lemot, dan lain sebagainya.

HP Android kamu bisa direstart dengan cara menekan tombol Power selama beberapa detik, kemudian pilih menu ‘Restart’ atau ‘Mulai ulang’.

Pada sebagian HP, restart juga bisa dengan menekan kombinasi tombol Power dan volume atas secara bersamaan, kemudian pilih opsi ‘Restart’.

Proses restart bermula dengan HP yang non aktif, kemudian aktif dengan sendirinya. Proses tersebut membuat sistem pada HP di refresh

, kemudian bisa bekerja dengan lebih optimal saat HP aktif kembali.

Cara Mempercepat Kinerja HP dengan Melegakan Penyimpanan

Sebagaimana disebutkan di awal, salah satu penyebab dari kinerja HP menurun adalah penyimpanan penuh.

Semakin banyak file yang tersimpan, membuat sistem membutuhkan banyak waktu untuk membaca file ketika dibuka.

Hal tersebut bisa membuat prosesor bekerja lebih keras sehingga mengalami lemot. Untuk membuat kinerja menjadi cepat kembali, hal yang perlu dilakukan tentunya melegakan ruang penyimpanan.

Beri ruang kosong pada penyimpanan dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan, media yang sudah tidak diperlukan, cache aplikasi, dan juga sampah.

Jika hal tersebut telah dilakukan namun kapasitas penyimpanan masih saja penuh, simpan file ke media penyimpanan memory card.

Perbarui Sistem Operasi

Versi sistem operasi yang belum diperbarui juga menjadi faktor penyebab kinerja HP menjadi lambat. Pasalnya, pada versi lama, ada bug

, malware, error, dan masalah lain yang bisa membuat kinerja HP menurun jika dibiarkan begitu saja.

Untuk itu, pengguna perlu memperbarui sistem operasi ke versi terbaru ketika sudah tersedia.

Memperbarui sistem operasi bisa dilakukan dengan mudah melalui menu Pengaturan pada HP. Jika kamu belum mengetahui langkah-langkah pastinya, simak artikel cara memperbarui perangkat lunak di HP yang telah Hallo GSM bahas sebelumnya.

Nonaktifkan Animasi

Sebagian orang yang menyukai estetika memasang tampilan antarmuka atau UI dengan animasi. Dibalik tampilannya yang membuat HP menjadi lebih menarik dan estetik, hal itu menyebabkan penundaan kinerja perangkat.

Tak jarang, antarmuka yang dikustomisasi dengan animasi bergerak mengalami lemot dan ngelag. Untuk itu, lebih baik nonaktifkan animasi dan pilih antarmuka statis. Hal tersebut akan membuat kinerja HP menjadi lebih cepat tanpa hambatan.

Reset ke Pengaturan Pabrik

Jika kinerja HP masih saja lambat meski sudah melakukan metode sebelumnya, langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan reset factory.

Reset factory menghapus semua data yang ada pada perangkat, sehingga membuatnya seperti pertama kali keluar dari pabrik yang berfungsi dengan normal.

Untuk melakukan reset, kamu bisa membuka menu ‘Pengaturan’, kemudian ketik kata kunci ‘reset’ pada kolom pencarian yang tersedia.

Klik menu ‘Reset’ dan lakukan reset sesuai dengan petunjuk. Perlu diingat, pastikan kamu telah mencadangkan atau mengalihkan file-file penting ke media penyimpanan lain untuk menghindari terjadinya kehilangan file penting.

BACA JUGA: Cara Mematikan HP Otomatis dengan Mudah Tanpa Tombol Power di Android

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat kinerja HP. Semoga bermanfaat.