Tips & Trik

Cara Memotong Video di HP Xiaomi, Mudah dan Praktis Tanpa Aplikasi

Pengguna Xiaomi perlu tahu cara memotong video di HP Xiaomi. Pasalnya, HP Xiaomi telah mendukung pengeditan video, sehingga pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan untuk mengedit, termasuk memotong durasi video.

Memotong durasi video termasuk salah satu teknik dasar dalam pengeditan video. Dengan memotong video, kita bisa memilih bagian tertentu yang diperlukan dan ingin disimpan, serta menghilangkan bagian yang tidak diinginkan.

Perkembangan teknologi saat ini membuat pekerjaan manusia lebih mudah dan praktis. Termasuk mengedit video.

Mengedit video kini bisa dilakukan melalui smartphone. Pengguna tidak perlu menggunakan laptop ataupun komputer untuk bisa mengedit video.

Sebagian besar smartphone saat ini telah dibekali fitur edit video bawaan, termasuk merk Xiaomi.

Ya, Xiaomi telah membekali smartphone besutannya dengan fitur edit foto dan video bawaan. Dengan begitu, pengguna yang ingin mengedit video tidak perlu repot-repot mengunduh aplikasi khusus edit video.

Dengan fitur edit video yang ada di HP Xiaomi, pengguna bisa memotong durasi video, memotong ukuran video, memberi filter, menambahkan soundtrack, mengatur pencahayaan, menambahkan keterangan, logo, hingga mengatur resolusi video.

Memotong durasi video menjadi salah satu proses penting dalam mengedit video. Terutama, jika video akan diposting ke media sosial seperti Instagram, facebook, atau status WhatsApp yang memiliki batas durasi dalam satu kali postingan.

Memotong durasi video tentunya bisa membuat postingan menjadi lebih pas dan enak ketika ditonton.

Cara Memotong Video di HP Xiaomi

Fitur edit video bawaan Xiaomi bisa digunakan dengan mudah dan praktis. Bahkan, tak perlu memiliki keahlian khusus terlebih dahulu.

Untuk kamu pengguna Xiaomi yang ingin mengedit video, khususnya memotong video tanpa mengunduh aplikasi, kamu bisa mengikuti tutorial di bawah ini.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa tutorial berikut menggunakan HP Xiaomi Redmi dengan MIUI 13. Jika kamu pengguna HP Xiaomi dengan versi MIUI berbeda, mungkin perlu sedikit penyesuaian.

Buka Galeri

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk memotong video adalah dengan membuka Galeri

di HP Xiaomi.

Setelah itu, cari dan klik video yang ingin kamu potong.

Klik Tab Cut

Cara memotong video di HP Xiaomi selanjutnya adalah dengan mengklik tab cut dengan ikon gunting yang ada di bagian bawah video.

Nantinya, berbagai tools untuk mengedit video akan ditampilkan.

Potong Video

Untuk memotong durasi video, geser selector kanan atau kiri berwarna kuning dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk melihat preview hasil pengeditan sebelum benar-benar memotongnya, klik ikon play yang ada di bagian kiri bawah video.

Jika sudah sesuai, kamu bisa mengklik Simpan.

Kamu juga bisa melakukan pengeditan lainnya dengan mengklik menu pengeditan lain yang tersedia.

Selain potong durasi video, melalui HP Xiaomi, kamu juga bisa memotong ukuran tampilan video dengan mengatur rasio aspek.

Setelah pengeditan video selesai dan telah mengklik ‘Simpan’, hasil video yang telah kamu potong akan disimpan di galeri.

BACA JUGA: Cara Melihat Brankas Pribadi di HP Oppo untuk Mengakses Dokumen yang Disembunyikan

Nah, kira-kira begitulah cara memotong video di HP Xiaomi yang bisa dilakukan dengan mudah dan praktis tanpa aplikasi tambahan. Selamat mencoba dan semoga membantu. Sampai jumpa di tutorial berikutnya, ya!