Tips & Trik

Cara Membuka Kunci Layout Layar Awal Terkunci Oppo, Begini Langkahnya

Tidak bisa mengubah tata letak home screen? Kamu bisa melakukannya dengan cara membuka kunci layout layar awal terkunci Oppo yang dibahas di artikel ini.

Layar awal atau Home Screen pada HP merupakan layar utama yang tampil setelah kunci layar dibuka. Pada smartphone keluaran baru yang ada di pasaran saat ini, layar awal tersebut menampilkan berbagai shortcut aplikasi yang memudahkan penggunanya dalam mengakses berbagai aplikasi yang terinstal di HP.

Kebanyakan HP saat ini dibekali dengan antarmuka atau User Interface yang memungkinkan para penggunanya untuk mempersonalisasi tampilan serta tata letak (layout) aplikasi pada layar utama.

Pengguna bisa memindahkan ikon aplikasi, mengubah tampilan dengan menambahkan widget menarik, mengatur transisi, walpaper, menghapus widget, dan lainnya sesuai keinginan.

Akan tetapi, ada kalanya ketika ingin mengubah tata letak ikon yang ada pada layar awal tersebut justru gagal. Disusul dengan munculnya peringatan “Layar Awal dikunci’.

Hal itu terjadi karena fitur kunci layar awal aktif. Ketika kunci layar awal aktif, tata letak aplikasi dan widget tidak bisa diubah, begitu juga dengan dihapus.

Untuk membuka kunci layar awal, pengguna perlu mengubah pengaturannya terlebih dahulu. Caranya bisa dibilang sangat mudah.

Tanpa berlama-lama, berikut ini Hallo GSM

sajikan tutorial membuka kunci layout layar awal HP khusu untuk kamu. Simak terus hingga tuntas, ya!

Cara Membuka Kunci Layout Layar Awal Terkunci Oppo

Membuka tata letak layar awal yang terkunci bisa dilakukan dengan mudah melalui menu pengaturan. Hanya dengan beberapa langkah saja, layar awal yang terkunci bisa terbuka kembali.

Agar prosesnya berjalan lancar dan berhasil, pastikan simak langkah-langkahnya dan ikuti dengan baik.

Buka Pengaturan HP

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuka kunci tata letak layar awal adalah dengan membuka Pengaturan pada HP yang kamu gunakan.

Kali ini, kami menggunakan HP Oppo dengan ColorOS 12.1. Jika kamu pengguna HP Oppo dengan versi OS yang berbeda, mungkin perlu sedikit penyesuaian dalam praktiknya.

Setelah menu Pengaturan terbuka, kamu akan disuguhkan dengan berbagai kategori pengaturan.

Klik Kategori Layar awal & Layar kunci

Dari banyaknya kategori pengaturan yang tersedia, pilih kategori Layar awal & layar kunci.

Nantinya, kamu akan dialihkan ke sebuah halaman. Dimana, pada halaman tersebut tersedia berbagai menu yang bisa digunakan untuk mengatur layar awal dan layar kunci HP kamu.

Untuk membuka kunci tata letak layar awal yang terkunci, ikuti langkah selanjutnya.

Buka Kunci Layout

Langkah untuk membuka kunci layout layar awal yang terkunci selanjutnya adalah dengan mengklik toggle switch yang ada di samping menu Kunci Tata Letak Layar Awal.

Setelah menu tersebut off, maka otomatis kunci layar awal terbuka dan kamu bisa bebas mengubah tata letak aplikasi dan tampilan pada layar awal HP.

BACA JUGA: Cara Mengatur Jam di HP Realme agar Sesuai dengan Zona, Begini Langkahnya

Itu dia cara membuka kunci layout layar awal terkunci oppo. Caranya mudah, bukan? Semoga artikel ini bisa membantu.