Tips & Trik

Cara Membuat Story di Telegram dengan Mudah, Buruan Coba!

Pengguna setia Telegram perlu tahu cara membuat story di Telegram. Pasalnya, tata caranya mudah dilakukan. Hanya beberapa langkah saja, kamu bisa membuat story.

Seperti aplikasi chatting lainnya, Telegram juga kini memiliki fitur Cerita atau Story. Yang awalnya hanya bisa digunakan oleh pengguna Telegram Premium, kini semua pengguna bisa menikmati fitur ini.

Fitur Story Telegram memiliki perbedaan yang menarik dari aplikasi lain yang menawarkan fitur yang sama.

Di Telegram, pengguna bisa mengatur berapa lama story ditayangkan, mengedit dengan tools yang lebih lengkap, hingga mengedit story yang sudah diposting. Menarik, bukan?

Lantas, bagaimana langkah untuk membuat story di Telegram? Berikut Hallo GSM bagikan tutorial lengkapnya. Simak terus, ya!

Cara Membuat Story di Telegram

Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat story di Telegram. Pastikan ikuti langkah demi langkahnya.

Buka Aplikasi Telegram

Langkah pertama yang harus dilakukan tentunya adalah membuka aplikasi Telegram. Buka aplikasi Telegram yang ada di HP kamu.

Pastikan sudah login ke aplikasi dengan nomor telepon kamu. Pastikan juga aplikasi Telegram sudah versi terbaru.

Klik Ikon Kamera

Pada halaman utama telegram, klik ikon kamera yang ada di pojok kanan bawah.

Beri izin aplikasi agar bisa mengakses kamera HP. Setelah itu, kamera HP akan aktif. Kamu bisa membuat story dengan memotret atau merekam video dari halaman tersebut.

Kamu juga bisa memposting story dari galeri HP dengan mengklik ikon kotak di sebelah kiri dan berikan izin aplikasi. Nantinya, foto dan video yang tersimpan di area penyimpanan akan tampil.

Pilih foto atau video yang ingin kamu buat story di Telegram.

Buat Story di Telegram

Setelah membuat foto, video, atau memilihnya dari galery, kamu akan diarahkan ke halaman pengeditan. Di halaman tersebut, kamu bisa menambahkan teks, stiker, filter, dan lainnya sesuai keinginan.

Menariknya, di Telegram kamu bisa memilih durasi penayangan story. Untuk memilih berapa lama story akan ditayangkan, kamu bisa mengklik angka 24 pada kolom Tambah keterangan.

Nantinya, akan muncul beberapa pilihan. Kamu bisa memilih 6 jam, 12 jam, 24 jam, atau 48 jam. Akan tetapi, durasi selain 24 jam bisa dipilih ketika kamu sudah berlangganan Telegram Premium saja.

Jika semua sudah sesuai, klik tombol Lanjut. Kemudian, akan ada pop-up untuk mengatur cerita. Melalui pop-up tersebut, kamu bisa menentukan siapa saja yang bisa melihat story kamu.

Kamu juga bisa mengatur perizinan sesuai keinginan. Jika sudah sesuai, klik tombol Posting Cerita.

Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga Story atau cerita kamu berhasil di posting di Telegram.

Edit Story yang Sudah Diposting

Setelah story di posting, kamu masih bisa mengedit cerita, lho. Kamu bisa mengubah pengaturan privasi, mengedit cerita dengan menambahkan efek, tulisan, dan lainnya.

Caranya, klik tulisan Cerita Saya yang ada di halaman utama Telegram. Setelah story kamu tampil, klik ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas.

Kemudian, klik menu Edit Cerita. Setelah itu, edit story kamu sesuai keinginan.

Jika sudah cukup, klik tombol Selesai. Tunggu beberapa saat dan story kamu yang diedit akan ditayangkan.

BACA JUGA: Cara Melihat Aplikasi yang Sering Digunakan di HP Realme dengan Mudah

Nah, itu dia cara membuat story di Telegram. Caranya mudah, bukan? Selamat mencoba dan sampai jumpa di tutorial berikutnya.