Tips & Trik

Cara Membuat Stiker di Telegram Langsung Tanpa Aplikasi Tambahan, Bisa Pakai Foto Sendiri!

Ingin menggunakan stiker unik ketika chatting di Telegram? Kamu bisa membuatnya dengan cara membuat stiker di Telegram secara langsung, lho.

Bagi kamu yang aktif menggunakan Telegram, tentu ada cara seru untuk bertukar pesan. Selain mengirim pesan dengan emoji, mengirim stiker juga membuat suasana obrolan di Telegram jadi lebih seru dan berwarna.

Agar stiker yang kamu kirim semakin terlihat unik, kamu bisa membuatnya sendiri sesuai keinginan.

Pembuatannya tidak perlu menggunakan bantuan aplikasi tambahan, karena kamu bisa memanfaatkan chat bot yang ada di Telegram.

Terdapat bot khusus di Telegram untuk membuat stiker. Daripada penasaran, langsung saja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Membuat Stiker di Telegram

Berikut ini tutorial lengkap membuat stiker di Telegram yang bisa kamu ikuti. Pastikan simak langkah-langkahnya hingga tuntas, ya!

Buka Aplikasi Telegram

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah buka aplikasi Telegram. Pastikan perangkat yang digunakan terhubung ke jaringan internet yang stabil.

Setelah aplikasi terbuka, kamu akan disuguhkan dengan halaman utama Telegram yang biasanya berisi berbagai chat dengan pengguna lain dan juga grup, serta story Telegram.

Buka Bot Resmi – Cara Membuat Stiker di Telegram

Silahkan cari bot stickers resmi. Kamu bisa menemukannya dengan mengklik ikon search yang ada di pojok kanan atas halaman.

Kemudian, ketik @stickers dan klik bot yang disertai dengan tanda ceklis.

Klik Start – Cara Membuat Stiker di Telegram

Setelah bot diklik, kamu akan diarahkan ke halaman chat dengan bot tersebut. Untuk memulai pembuatan stiker, klik tombol START.

Berikutnya, kamu akan disuguhkan dengan pilihan menu. Berbagai menu tersedia pada chat bot ini untuk pelayanan pembuatan stiker.

Kamu bisa mengklik menu berwarna biru disesuaikan dengan layanan yang ingin kamu dapatkan, dimana menu newpack untuk membuat paket stiker baru, newvideo untuk membuat paket video stiker baru, dan masih banyak menu lainnya yang bisa kamu pilih.

Pilih Newpack

Dari berbagai menu yang ada, klik newpack untuk membuat paket stiker baru. Setelah mendapat balasan dari bot, buat nama untuk stiker yang akan kamu buat. Lalu, ketik dan kirimkan ke bot.

Berikutnya, bot akan membalas dengan pesan berisi perintah.

Kirim Gambar Transparan

Langkah selanjutnya, kamu perlu mengirim gambar transparan yang akan dijadikan stiker dengan format sesuai perintah bot.

Gambar harus berformat file dengan ukuran 512×512 persegi. Pada langkah ini, gunakan Telegram web atau Desktop untuk proses upload yang cepat.

Pilih Emoji

Berikutnya, pilih emoji yang mewakili satu stiker yang kamu upload. Telegram juga mengizinkan beberapa emoji untuk satu stiker, maksimal 2.

Setelah itu, kamu akan mendapat balasan berisi ucapan selamat atas keberhasilan pembuatan stiker.

Kamu juga bisa membuat stiker dengan tema lainnya dengan mengulang metode tadi.

Setelah pembuatan stiker berhasil, kamu bisa mengirim perintah Publish. Pilih nama lagi, setelah itu stiker siap digunakan.

Tipsnya, pastikan ikuti perintah dari bot agar pembuatan stiker di Telegram berhasil.

BACA JUGA: Cara Private Akun Instagram di Android dan iPhone, Batasi Siapa Saja yang Bisa Melihat Postingan

Nah, itulah cara membuat stiker di Telegram tanpa aplikasi tambahan. Sekarang, giliran kamu mencobanya. Semoga berhasil.