Tips & Trik

Cara Membuat Running Text atau Tulisan Berjalan di HP Android dengan Mudah

Cara membuat running text atau tulisan berjalan banyak dicari oleh pengguna gadget, termasuk smartphone. Tak heran, karena hal tersebut bisa menarik perhatian.

Running text atau tulisan berjalan pada layar HP memang sebelumnya pernah ramai bermunculan di media sosial. Hingga kini, masih banyak pengguna HP yang mencari cara untuk membuat tulisan berjalan seperti yang pernah viral.

Running teks pada layar HP secara pengoperasian mirip seperti LED Display yang dipasang di depan sekolah, instansi, atau di area jalan raya.

Tulisan dengan warna tertentu bisa bergulir secara perlahan dengan otomatis dari sisi kiri kiri ke kanan, ataupun sebaliknya.

Sehingga, running text digunakan untuk keperluan seperti untuk konten, menyampaikan pesan ke idola ketika konser, memberikan informasi penting ketika dalam keadaan ramai, menyatakan perasaan pada seseorang, dan lain-lain.

Untuk membuat tulisan berjalan atau running text di HP, baik itu pada HP Android ataupun iPhone, pada dasarnya tidak bisa mengandalkan aplikasi bawaan.

Ya, perlu aplikasi tambahan untuk membuat tulisan berjalan di HP.

Saat ini, sudah tersedia berbagai aplikasi yang dirancang untuk membuat tulisan berjalan di HP. Kamu bisa mendapatkannya dari Google Play Store atau App Store.

Bagi kamu yang ingin membuat tulisan berjalan di HP, berikut ini Hallo GSM bagikan tutorial membuatnya dengan salah satu aplikasi dari Play Store. Simak hingga tuntas agar prosesnya lebih mudah.

Cara Membuat Running Text di HP

  • Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat tulisan berjalan adalah mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Kali ini, kami menggunakan aplikasi Digital LED Signboard dari Google Play Store.
  • Setelah diunduh, buka aplikasi Digital LED Signboard.
  • Setelah aplikasi dibuka, klik tombol Enter Your Text
    untuk memasukkan tulisan yang ingin kamu buat berjalan di layar.
  • Masukkan teks yang kamu maksud pada kolom yang tersedia.
  • Kemudian, klik OK.
  • Setelah itu, tulisan yang telah kamu masukkan akan tampil di bagian Preview.
  • Kamu bisa mengatur kecepatan pengguliran teks dengan menggeser ikon bulat putih pada bagian Speed.
  • Kamu juga bisa memilih warna teks serta background sesuai keinginan dengan mengklik kotak persegi panjang dan klik warna, kemudian Select.
  • Agar lebih menarik perhatian setiap yang melihat, kamu bisa menambahkan efek berkedip pada teks atau background dengan memberi ceklis kotak di samping Blink Teks atau Blink Background dan menyesuaikannya.
  • Setelah selesai, klik tombol GO untuk menampilkan tulisan tersebut secara full screen atau klik tombol Share Text untuk membagikan tulisan berjalan tersebut ke media sosial.

BACA JUGA: Cara Melihat Barcode WiFi di HP Realme untuk Memudahkan Berbagi Password

Nah, itu dia cara membuat Running Text atau tulisan berjalan di HP Android. Langkahnya mudah dan menarik, bukan? Sekarang, giliran kamu mempraktikkannya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.