Tips & Trik

Cara Membuat Podcast di Spotify, Pemula Wajib Tahu!

Cara membuat podcast di Spotify banyak dicari-cari para pendengar podcast yang tertarik dan ingin menjadi seorang podcaster atau penyiar.

Podcast tengah menjadi topik yang dilirik dan digemari oleh sebagian pengguna gadget. Podcast sendiri merupakan program audio layaknya obrolan di radio.

Adapun, perbedaannya dengan siaran radio adalah rekaman audio podcast dapat diakses oleh khalayak umum melalui internet.

Sifatnya yang fleksibel membuat siniar atau podcast diminati oleh sejumlah orang. Berbeda halnya dengan siaran radio yang terbatas dimana sudah memiliki jadwal siar yang telah ditentukan.

Kondisi ini tentu tidak terlepas dari peran digitalisasi yang secara tidak langsung memunculkan berbagai tren baru. Termasuk diantaranya adalah podcast atau siniar.

Saat ini, banyak platform yang menyediakan podcast dari berbagai kreator. Salah satu platform populer penyedia layanan podcast adalah Spotify.

Eksistensi Podcast yang sedang naik belakangan ini mampu menarik peminatnya untuk terjun juga menjadi podcaster.

Siapapun memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi podcaster dan menyajikan konten dengan berbagai tema.

Dengan platform populer, Spotify, kamu bisa menciptakan podcast sendiri. Spotify diketahui merupakan salah satu platform streaming musik yang menyediakan jutaan lagu.

Namun, tak sampai disitu. Spotify juga menjadi wadah bagi para podcaster

untuk berbagi karya pada pendengar setianya.

Untuk kamu yang tertarik menjadi podcaster, berikut ini Hallo GSM sajikan panduannya sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

Cara Membuat Podcast di Spotify

  • Langkah pertama, lakukan rekaman audio podcast yang ingin kamu unggah ke Spotify. Pastikan podcast yang kamu buat memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Diantaranya, kualitas audio harus ISO/IEC 11172-3 MPEG-1 Part 3 (MP3) dengan bitrate antara 96 sampai 320kbps, ukuran file per episode maksimal 200MB dengan durasi 83 menit jika kualitasnya 320kbps dan 200 menit untuk kualitas 128kbps. Selanjutnya, cover podcast
    wajib berukuran persegi dengan rasio 1:1 dalam format PNG, JPEG, atau TIFF. Judul podcast maksimal 20 karakter.
  • Setelah perekaman selesai, langkah selanjutnya adalah membuat akun Spotify.
  • Akses website Spotify for Podcaster, kemudian klik Get Started.
  • Nantinya, kamu akan diarahkan ke halaman login. Login atau daftar jika belum memiliki akun Spotify.
  • Setelah daftar, layar akan menampilkan syarat dan ketentuan. Setujui dan klik tombol Continue.
  • Pada halaman selanjutnya, klik tombol Get Started.
  • Selanjutnya, masukkan RSS link yang didapatkan dari Podcast hosting service yang kamu gunakan pada kolom yang tersedia.
  • Klik Next.
  • Beri verifikasi dengan memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan Spotify ke alamat email kamu.
  • Isi informasi mengenai Podcast, kemudian klik Submit.
  • Selesai.

BACA JUGA: Cara Membuat TikTok Shop untuk Jualan Online Lengkap dengan Persyaratannya

Setelah melakukan tata cara membuat podcast di Spotify tadi, kamu hanya perlu menunggu podcast yang kamu buat direview terlebih dahulu. Jika sudah memenuhi syarat, maka podcast kamu buat bisa dinikmati oleh banyak orang.