Tips & Trik

Cara Membuat Link Grup WhatsApp untuk Mengundang Anggota Baru

Ingin menambah anggota grup dengan lebih praktis? Kamu bisa melakukannya dengan cara membuat link grup WhatsApp. Nantinya, link grup bisa disebar dan calon anggota baru bisa bergabung melalui link tersebut.

Dengan link grup, akan sangat memudahkan admin yang harus menambahkan ratusan kontak ke dalam suatu grup WhatsApp.

Seperti yang kita tahu, WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan populer yang digunakan oleh banyak pengguna di Indonesia.

Fitur-fitur menarik yang bisa dibilang cukup banyak serta tampilan sederhana menjadi daya tarik tersendiri.

Diantara fitur yang sering digunakan di WhatsApp adalah WhatsApp Group. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berkirim pesan dengan sekelompok orang dalam satu waktu.

Pengguna WhatsApp pastinya sudah familiar dengan Grup WA. Berbagai grup bisa dibuat di WhatsApp. Bisa grup kelas, alumni, grup keluarga, dan lain sebagainya.

Pembuat grup atau seseorang yang menjadi admin pada suatu grup memiliki beberapa kewenangan. Salah satunya adalah bisa menambahkan anggota baru ke dalam grup.

Sebagai informasi, Grup WhatsApp bisa menampung peserta hingga 1,024 orang. Sebanyak itu pula admin bisa menambahkan peserta ke dalam grup.

Biasanya, seorang admin menambahkan peserta ke grup dengan cara manual, yakni memasukkan nomor kontak pengguna lain.

Tentunya, admin harus memiliki nomor kontak calon peserta. Meski caranya mudah, namun cara tersebut akan merepotkan jika harus memasukkan ratusan hingga ribuan peserta.

Agar lebih praktis dan cepat, admin bisa mengundang pengguna lain untuk bergabung ke grup dengan cara membagikan link

grup yang dimaksud.

Cara Membuat Link Grup WhatsApp

Dengan membuat link grup dan menyebarkannya, calon peserta bisa bergabung ke dalam grup tanpa perlu admin memasukkannya.

Dengan cara ini, admin juga tidak perlu menyimpan nomor kontak calon peserta terlebih dahulu. Penasaran? Langsung saja, berikut ini Hallo GSM bagikan tutorial membuat link grup WhatsApp sebagaimana dilansir dari laman resmi Pusat Bantuan WhatsApp.

Sejatinya, kita tidak perlu membuat link grup secara manual. Pasalnya, setiap grup WA sudah memiliki link-nya masing-masing. Sehingga, admin hanya perlu menyalin link tersebut.

Untuk bisa membagikan link

nya, berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan.
  • Langkah pertama, buka aplikasi WhatsApp pada perangkat yang kamu gunakan.
  • Klik chat grup yang akan akan diambil link-nya. Pastikan kamu adalah admin di grup tersebut.
  • Kemudian, klik subjek grup untuk bisa menampilkan profil grup. Bisa dengan mengklik nama grup atau melalui ikon titik tiga atau tanda panah.
  • Setelah profil grup tampil, scroll layar dan klik menu Undang via tautan.
  • Nantinya, link dari grup tersebut akan muncul.
  • Klik menu Salin tautan untuk menyalin tautan tersebut.
  • Setelah itu, kamu bisa menempelkan link tersebut di chat pribadi untuk mengirimkannya ke calon peserta atau membagikannya ke media sosial jika perlu.
  • Kamu juga bisa membagikan link grup tersebut secara langsung dengan mengklik menu ‘Bagikan tautan’.

Semua orang yang dikirimi link grup bisa bergabung ke grup tersebut dengan mengklik link-nya. Untuk itu, pastikan kamu membagikan link grup pada orang yang dipercaya.

Bisa saja, seseorang meneruskan link grup ke pengguna lain yang kemudian bisa bergabung ke grup yang kamu buat tanpa persetujuan tambahan dari admin grup.

BACA JUGA: Cara Membuat Grup WhatsApp di HP Android dan iPhone, Mudah dan Cepat!

Nah, itu dia cara membuat link grup WhatsApp. Sangat mudah, bukan? Sekarang, giliran kamu mempraktekkannya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tutorial berikutnya.