Tips & Trik

Cara Membuat Akun DANA di HP dengan Mudah dan Gratis, Bisa Langsung Pakai!

Perlu membuat akun DANA? Berikut ini panduan cara membuat akun DANA di HP yang bisa diikuti dengan mudah dan akun bisa langsung dipakai.

Di zaman serba digital ini, aplikasi DANA sering kali digunakan oleh banyak pengguna smartphone untuk mempermudah aktivitas transaksi.

DANA merupakan dompet digital atau e-wallet Indonesia yang didesain untuk mengefisienkan setiap transaksi non-tunai dan non-kartu secara digital, baik itu online maupun offline.

Bukan hanya menghemat waktu, namun melakukan transaksi dengan e-Wallet yang satu ini terjamin keamanannya.

Dengan adanya DANA sebagai e-Wallet berplatform terbuka, semua kalangan masyarakat Indonesia bisa memanfaatkannya untuk mendukung setiap aktivitas ekonomi serta gaya hidup digital.

e-Wallet yang populer ini menawarkan berbagai keuntungan bagi siapapun yang menggunakannya. Diantaranya adalah gratis biaya tarik saldo hingga 10 kali. Dimana, per transaksi, pengguna dikenakan biaya admin sebesar Rp4.500.

Selain itu, keuntungan lainnya adalah bisa melakukan top-up saldo dengan minimum Rp10.000, serta bisa melakukan berbagai transaksi pembayaran. Seperti tagihan listrik, air, internet, pembelian pulsa, iuran BPJS, dan belanja online di aplikasi Bukalapak dan Lazada.

Aplikasi ini bisa digunakan pada HP berbasis OS Android dan iOS. Untuk menggunakannya, pengguna perlu membuat akun terlebih dahulu.

Bagi kamu yang perlu menggunakan DANA namun baru pertama kali, kamu bisa mengikuti panduan membuat akun DANA di bawah ini.

Cara Membuat Akun DANA di HP

Kali ini, Hallo GSM akan berbagi tutorial membuat akun DANA menggunakan HP Android. Pengguna iPhone juga bisa mengikuti, pasalnya tutorial berikut ini dilansir dari laman resmi www.dana.id/help-center/.

Langsung saja, berikut ini tahap demi tahap yang perlu diikuti. Sebelumnya, pastikan HP kamu terhubung ke jaringan internet yang stabil agar proses pembuatan akun berjalan lancar.

Download Aplikasi DANA

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat akun DANA adalah mengunduh aplikasi DANA. Pengguna Android bisa mengunduhnya di aplikasi Google Play Store. Pengguna iOS bisa mengunduh aplikasi DANA melalui App Store.

Setelah aplikasi terpasang di perangkat, langsung saja, buka aplikasinya.

Masukkan Nomor HP – Cara Membuat Akun DANA di HP

Pada halaman utama, kamu akan disuguhkan dengan beberapa keuntungan yang ditawarkan DANA.

Pada halaman tersebut, masukkan nomor HP aktif pada kolom yang tersedia. Nantinya, nomor HP yang kamu masukkan akan menjadi ID DANA kamu.

Setelah memasukkan nomor HP, klik tombol ‘Lanjutkan’.

Masukkan kode OTP

Setelah itu, aplikasi akan mengirim kode OTP melalui SMS ke nomor HP yang kamu daftarkan.

Masukkan kode OTP tersebut pada kolom yang tersedia untuk melakukan verifikasi.

Buat PIN DANA

Langkah selanjutnya, buat PIN yang terdiri dari enam digit angka. Pastikan PIN yang kamu buat mudah untuk diingat, namun hindari pembuatan PIN dengan tanggal lahir agar lebih aman dan tidak mudah ditebak.

PIN digunakan ketika melakukan login akun ke aplikasi DANA serta pada saat melakukan transaksi.

Setelah membuat PIN, lakukan konfirmasi PIN pada halaman berikutnya.

Tunggu beberapa saat, dan kamu akan diarahkan ke halaman utama aplikasi DANA yang menandakan pembuatan akun DANA telah berhasil.

Setelah itu, DANA sudah bisa digunakan. Lakukan top-up saldo terlebih dahulu serta lengkapi profil akun agar transaksi bisa berjalan lancar.

BACA JUGA: Cara Daftar Shopee PayLater, Pengguna Baru Wajib Tahu!

Demikian pembahasan mengenai cara membuat akun DANA di HP. Semoga artikel ini bermanfaat.