Tips & Trik

Cara Membersihkan Speaker HP Vivo dengan Praktis dan Aman

Pengguna Vivo perlu mengetahui cara membersihkan speaker HP Vivo, terlebih jika suara yang dikeluarkan sudah tidak sejernih dulu.

Speaker memiliki peran penting pada HP. Komponen yang satu ini bekerja sebagai output yang mengeluarkan suara ketika pengguna menerima telepon, suara notifikasi, nada dering, dan ketika memutar musik, audio, atau video.

Pentingnya peran speaker membuat pengguna harus selalu memastikannya dalam kondisi baik. Meski seiring pemakaian, suara yang dikeluarkan tidak lagi sama seperti baru.

Itu biasanya terjadi karena terdapat debu, partikel kecil, noda, atau air yang terperangkap pada speaker yang tentunya berdampak pada suara yang dikeluarkan.

Tak heran, jika banyak debu menumpuk pada speaker HP, mengingat HP sering dibawa kemana saja, bahkan di cuaca lembab dan hujan sekalipun.

Untuk menghindari terjadinya penurunan kinerja speaker dikarenakan adanya kotoran, pembersihan speaker perlu dilakukan secara berkala.

Tentunya, suara yang tidak jelas akan sangat mengganggu, bukan? Jadi, segera cek dan bersihkan speaker di HP kamu menggunakan metode di bawah ini agar kinerjanya kembali optimal.

Cara Membersihkan Speaker HP Vivo

Setidaknya, ada dua metode yang bisa dilakukan untuk membersihkan speaker di HP. Kedua metode tersebut yakni dengan manual dan otomatis.

Daripada penasaran, langsung saja simak tutorial lengkapnya di bawah ini.

Bersihkan Secara Manual

Untuk membersihkan speaker HP secara manual dan mandiri bisa dilakukan dengan memanfaatkan alat-alat yang ada di rumah atau di kantor.

Bisa dengan menggunakan kain, selotip, bantuan lidi dan kain, atau jarum. Dalam proses pembersihan dengan bantuan alat-alat tersebut perlu dilakukan dengan penuh kehati-hatian.

Alat yang digunakan tentunya perlu penyesuaian dengan model speaker HP kamu. Sebelum memulai pembersihan speaker, pastikan layar HP dalam keadaan mati. Hal ini agar terhindar dari terjadinya sentuhan tidak sengaja.

Mulai pembersihan speaker dari bagian dangkal dengan kain tipis yang bersih dan kering. Usap secara perlahan hingga speaker terbebas dari debu yang menempel.

Jika terdapat debu atau partikel yang sulit dibersihkan, kamu bisa menggunakan bantuan selotip. Caranya, ambil selotip secukupnya, kemudian posisikan bagian perekat pada speaker untuk mengangkat partikel tersebut.

Untuk menjangkau debu atau partikel yang ada pada bagian dalam speaker

, kamu bisa menggunakan selotip dan lidi atau jarum yang dilapisi kain bersih dan kering. Kemudian, bersihkan bagian dalam speaker dengan perlahan dan hati-hati.

Cara Membersihkan Speaker HP Otomatis

Selain secara manual dengan bantuan alat-alat yang disebutkan tadi, membersihkan speaker HP juga bisa dengan cara otomatis, yakni menggunakan aplikasi khusus.

Jadi, kamu tidak perlu menyediakan alat-alat dan membersihkannya secara manual.

Saat ini, sudah banyak aplikasi yang dirancang khusus untuk membantu membersihkan speaker HP. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa didapatkan di Google Play Store.

Aplikasi populer yang biasa digunakan di antaranya adalah Speaker cleaner – Remove water, Aplikasi Pembersih Speaker, Pembersih Speaker Debu Air HP, dan lainnya.

Silahkan cari dan pilih aplikasi yang akan kamu gunakan. Kemudian, download aplikasinya.

Setelah itu, gunakan aplikasinya untuk membersihkan speaker di HP kamu. Biasanya, aplikasi tersebut bekerja dengan mengeluarkan suara yang membuat debu dan kotoran pada speaker keluar, hingga membuatnya bersih.

Kamu bisa membunyikan HP melalui aplikasi tersebut beberapa kali hingga speaker bersih.

Akan tetapi, jika debu atau kotoran pada speaker masih saja belum bisa dibersihkan, maka pilihan terakhir adalah meminta bantuan tukang service HP terpercaya.

BACA JUGA: Cara Mengubah Gambar Menjadi Teks di HP dengan dan Tanpa Aplikasi

Demikianlah tutorial mengenai cara membersihkan speaker HP Vivo yang bisa dilakukan dengan praktis dan aman. Semoga bermanfaat.