Tips & Trik

Cara Membersihkan RAM HP Agar Tidak Penuh dan Lambat

HP sudah mulai terasa lambat dan muncul beberapa masalah? Jangan panik, karena kamu bisa mengatasinya dengan cara membersihkan RAM HP.

Pabrikan gadget termasuk smartphone memang sering mengeluarkan produk baru dengan kapasitas RAM yang beragam. Dari kapasitas kecil, hingga besar dengan banderol harga yang juga bervariasi.

Semakin besar kapasitas RAM suatu perangkat, maka kinerjanya juga semakin cepat.

Ya, kapasitas RAM sangat berpengaruh pada kinerja contohnya kecepatan memproses data, seperti proses penyimpanan, membuka data, menjalankan program, dan lain sebagainya.

RAM bekerja mengolah setiap data serta perintah dari pengguna dan menyimpan data sementara. Data sementara tersebut kemudian diteruskan ke harddisk. Dimana, hard disk berperan sebagai alat untuk menyimpan data secara permanen.

Dalam artian, RAM atau Random Access Memory merupakan hardware yang ada pada perangkat untuk menyimpan data sementara.

Meskipun memiliki peran yang sangat penting, namun banyak pengguna smartphone yang tidak tersadar untuk merawat kapasitas RAM itu sendiri.

Seiring penggunaan, tentunya kapasitas akan semakin penuh. Jika dibiarkan terus menerus, berpotensi menghadirkan berbagai permasalahan yang menandakan kinerja yang sudah tidak optimal.

Permasalahan pada kinerja biasanya ditandai dengan lambat atau lemot, lag, hang, dan lain sebagainya.

Tak sedikit pengguna smartphone yang mengeluhkan munculnya ciri-ciri tersebut pada HP yang digunakannya.

Biasanya, sistem otomatis memberikan notifikasi yang berisi peringatan kapasitas RAM sudah penuh.

Sebelum kinerja smartphone menjadi lambat dan muncul peringatan, sebaiknya segera kosongkan memori RAM agar kinerja kembali optimal.

Cara Membersihkan RAM HP

Penyebab RAM penuh bisa karena banyak aplikasi yang terpasang, menumpuknya data cache dan file sampah, banyak aplikasi yang digunakan secara bersamaan, hingga penggunaan wallpaper bergerak.

Untuk mengatasi berbagai permasalahan yang timbul dikarenakan penyebab di atas, berikut ini Hallo GSM sajikan tutorial membersihkan RAM HP sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

Tutup Aplikasi yang Sudah Tidak Dipakai

  • Langkah pertama, aktifkan HP kamu.
  • Klik tombol navigasi Recent Apps
    yang biasanya ditandai dengan garis tiga horizontal.
  • Untuk menutup aplikasi yang sebelumnya dibuka dan sudah tidak dipakai, klik tombol Tutup semua.
  • Selesai.

Hapus Cache Aplikasi

Perlu diketahui, cache merupakan data sementara yang diperoleh dari pemakaian suatu aplikasi yang memudahkan pengguna ketika hendak mengaksesnya lagi.

Meskipun memiliki peran yang cukup penting, namun jika cache dibiarkan begitu saja hingga menumpuk akan memakan ruang penyimpanan.

Untuk membersihkan cache, tekan dan tahan salah satu aplikasi, pilih menu info aplikasi, kemudian klik Penggunaan penyimpanan dan klik Hapus cache.

Periksa Penggunaan Memori

Periksa penggunaan penyimpanan bisa melalui pengaturan atau File Manager. Jika penyimpanan sudah over capacity, pilih aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi dan hapus.

Jika penyimpanan masih penuh, pilih foto, video, atau dokumen berukuran besar yang sudah tidak penting.

Untuk pembersihan yang optimal, kosongkan juga file sampah yang ada.

Hindari Penggunaan Live Wallpaper

Jika kamu menggunakan live wallpaper atau tema, lebih baik ganti menggunakan wallpaper statis. Selain membuat RAM menjadi penuh, live wallpaper juga bisa menguras baterai.

BACA JUGA: Cara Membersihkan Sampah di HP Secara Menyeluruh, Dijamin Bersih!

Itulah beberapa cara membersihkan RAM HP yang bisa kamu lakukan dengan mudah agar kinerja perangkat kembali optimal.