Tips & Trik

5 Cara Membersihkan Kamera HP agar Terbebas dari Debu dan Kotoran

Cara membersihkan kamera HP (handphone) perlu diketahui setiap penggunanya. Pasalnya, jika kamera HP kotor, tentunya hasil kamera tidak akan maksimal.

Kamera merupakan salah satu komponen penting pada gadget, termasuk HP. Keberadaannya sangat dibutuhkan untuk memotret dan merekam setiap momen penting bagi penggunanya.

Saking pentingnya kamera, tak sedikit konsumen yang mempertimbangkan kecanggihan kamera ketika hendak membeli HP.

Perkembangan teknologi saat ini membuat kamera HP dilengkapi dengan berbagai teknologi dan fitur menarik. Bahkan, kamera HP kelas flagship kemampuan dan hasilnya bersaing dengan kamera DSLR.

Akan tetapi, secanggih-canggihnya teknologi yang ada pada kamera HP, tetap saja kamera tidak akan memberi hasil foto dan video yang maksimal jika kebersihan kamera tidak dijaga.

Hasil foto dan video tidak akan jernih dan fokus jika terdapat debu, kotoran, atau embun yang menghalangi kamera.

Ada berbagai faktor yang membuat kamera HP menjadi kotor. Diantaranya, memegang kamera HP hingga meninggalkan jejak noda sidik jari, meletakkan HP di sembarang tempat hingga membuat debu dan kotoran menempel pada kamera, menempelkan kamera depan ke muka yang berminyak, HP terkena air, dan lain sebagainya.

Jika kamera HP kamu terlihat kotor atau bahkan hasil foto dan video sudah tidak jernih dan jelas seperti sebelumnya, simak artikel ini hingga tuntas untuk mengetahui cara membersihkannya dengan mudah dan aman.

Cara Membersihkan Kamera HP

Membersihkan kamera HP bisa dilakukan dengan berbagai metode. Berikut ini Hallo GSM sajikan langkah-langkah membersihkan HP menggunakan metode mudah yang aman dilakukan.

Agar proses pembersihan berjalan dengan leluasa, tanpa kejadian layar tak sengaja terklik, pastikan layar HP dalam keadaan mati sebelum mulai membersihkan kamera. Jika perlu, nonaktifkan saja HP-nya.

Bersihkan dengan Kain

Metode pertama yang bisa dilakukan jika ada kotoran seperti noda atau bekas minuman maupun makanan di kamera HP adalah dengan membersihkannya menggunakan kain.

Pastikan kain yang digunakan memiliki tekstur lembut agar tidak menimbulkan goresan pada kamera.

Kamu bisa menggunakan kain lap kacamata atau kain lain yang berjenis microfiber. Pastikan juga kain yang digunakan dalam keadaan kering dan bersih.

Membersihkan kamera menggunakan kain cukup dengan mengusapkannya secara perlahan hingga debu atau kotoran yang menempel hilang.

Jika kotoran masih tetap menempel meski sudah di gosok, tambahkan beberapa tetes air bersih pada kain, kemudian usapkan pada noda hingga bersih. Jika sudah, keringkan kembali kamera HP dengan bagian kain yang bersih dan kering.

Cara Membersihkan Kamera HP dengan Selotip

Cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan kamera dari debu atau benda kecil yang menempel dengan cepat adalah menggunakan selotip.

Untuk hasil pembersihan yang optimal, bagian bawah permukaan selotip pastikan masih bersih, termasuk bersih dari bekas sidik jari kamu.

Ambil selotip secukupnya, kemudian tempelkan bagian yang memiliki perekat pada permukaan kamera HP secara perlahan. Tidak perlu ditekan.

Setelah itu, angkat selotip dan lakukan hal yang sama berulang-ulang hingga kamera terbebas dari debu dan kotoran.

Gunakan Cotton Bud

Cotton Bud yang biasa dipakai untuk mengorek kuping juga bisa diandalkan untuk membersihkan kamera HP.

Siapkan cotton bud yang bersih dan kering. Kemudian, bersihkan kamera menggunakan cotton bud dengan usapan lembut tanpa menekannya terlalu keras.

Bersihkan Kamera HP dengan Cairan Pembersih

Kamera yang kotor, terlebih disebabkan adanya noda makanan atau minuman yang menempel, bisa juga dibersihkan dengan bantuan cairan pembersih.

Kamu bisa menggunakan cairan pembersih layar atau pembersih kacamata yang kamu miliki.

Untuk membersihkannya, semprotkan atau teteskan cairan pembersih pada kain halus dan bersih. Kemudian, gosokkan kain tersebut pada permukaan kamera yang kotor secara perlahan hingga kotoran hilang.

Membersihkan Kamera dengan Minyak Kayu Putih

Jika di rumah atau kantor kamu tidak tersedia cairan pembersih, kamu bisa memanfaatkan minyak kayu putih.

Ya, minyak aromaterapi ini terbukti bisa menghilangkan noda membandel pada layar, white board, atau benda lain.

Langkah membersihkan kamera menggunakan minyak kayu putih juga sama dengan menggunakan cairan pembersih.

Teteskan minyak kayu putih secukupnya pada kain bersih bertekstur lembut. Kemudian, gosokkan kain yang telah diberi minyak kayu putih tersebut pada bagian kamera yang perlu dibersihkan secara perlahan.

Jangan lupa, setelah membersihkan kamera HP menggunakan minyak kayu putih, bersihkan kembali kamera HP dengan kain lembut yang bersih.

Jika di dalam kamera HP terdapat embun, kamu bisa membersihkannya dengan cara menghilangkan embun di kamera HP yang telah Hallo GSM bahas sebelumnya.

BACA JUGA: Cara Melihat DM Instagram Tanpa Read dengan Beberapa Metode Mudah, Dijamin Berhasil!

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan kamera HP. Bersihkan kamera HP secara berkala agar kamera bekerja dengan optimal dan hindari segala sesuatu yang membuat kamera kotor.