Tips & Trik

Cara Memberi Harakat Pada Tulisan Arab di HP, Mudah Banget!

Cara memberi harakat pada tulisan Arab di HP tidak sesulit yang dibayangkan. Hanya dengan beberapa langkah saja, tulisan Arab bisa diberi harakat.

Seperti yang kita tahu, saat ini pengguna HP bisa menulis dengan bahasa Arab melalui HP. Tak bisa dipungkiri, penulisan bahasa Arab dibutuhkan karena banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Seperti mengirim ucapan, keperluan tugas, pekerjaan, atau yang lainnya.

Ada cara khusus untuk bisa membuat tulisan Arab di HP. Begitu pula dengan memberi harakat pada tulisan Arab.

Harakat diperlukan agar tulisan Arab bisa dibaca dengan benar. Berbagai harakat seperti fathah, kasrah, dhammah, tasydid, sukun, tanwin, fathah berdiri, dan harakat lainnya bisa ditambahkan melalui HP dengan mudah.

Bagi kamu yang belum mengetahui caranya, berikut Hallo GSM bagikan tutorial lengkap memberi harakat pada tulisan Arab dari awal hingga akhir. Pastikan simak hingga tuntas, ya.

Cara Memberi Harakat Pada Tulisan Arab di HP

Memberi harakat pada tulisan Arab di HP bisa dilakukan dengan mudah baik itu dengan aplikasi atau tanpa aplikasi sekalipun.

Pada tutorial kali ini, Hallo GSM bagikan tutorialnya tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Pastikan simak artikel ini hingga tuntas, ya

!

Tampilkan Keyboard

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menampilkan keyboard. Tampilkan keyboard pada aplikasi perpesanan atau Note.

Setelah itu, klik ikon globe pada keyboard untuk menampilkan keyboard bahasa Arab. Pastikan sebelumnya kamu sudah menambahkan bahasa Arab pada pengaturan keyboard.

Pilih Bahasa Arab. Kemudian, keyboard akan berubah dari huruf abjad menjadi huruf hijaiyah.

Buat Tulisan Arab

Langkah selanjutnya, buat tulisan Arab dengan mengetik keyboard huruf hijaiyah hingga menjadi sebuah kata atau kalimat yang diinginkan.

Setelah itu, kamu bisa memberi harakat pada tulisan Arab tersebut dengan cara berikut.

Beri Harakat Pada Tulisan Arab

Untuk memberi harakat pada tulisan Arab, letakkan kursor di depan huruf hijaiyah yang akan diberi harakat.

Setelah itu, tekan tombol titik (.) hingga muncul harakat. Geser jari ke harakat yang diinginkan. Nantinya, harakat akan ditambahkan pada bagian atas atau bawah huruf.

Tutorial ini menggunakan HP Realme dengan realme UI V3.0. Mungkin perlu penyesuaian jika kamu menggunakan HP yang berbeda.

Memberi harakat pada tulisan Arab di HP juga bisa dilakukan pada tulisan dari internet, atau dari pesan seseorang yang belum diberi harakat.

Kamu hanya perlu menyalin (copy) tulisan tanpa harakat tersebut, kemudian paste atau tempel di keyboard HP. Setelah itu, klik ikon globe dan beri harakat dengan langkah seperti di atas.

BACA JUGA: Cara Menghapus Aplikasi di HP Realme Melalui Beberapa Metode Mudah

Itulah cara memberi harakat pada tulisan Arab di HP. Baik itu yang diketik langsung atau yang disalin, caranya mudah, bukan? Selamat mencoba dan semoga membantu.