Tips & Trik

Cara Membatasi Penggunaan Data di HP Realme dengan Fitur Khusus, Dijamin Berhasil!

Ingin menghemat penggunaan data internet? Kamu bisa melakukannya dengan cara membatasi penggunaan data di HP Realme yang bisa dilakukan dengan mudah tanpa perlu aplikasi tambahan.

Kebanyakan smartphone saat ini dilengkapi dengan fitur penghemat data, termasuk merk Realme. Untuk menghemat data internet di HP Realme, sebenarnya mudah.

Selain dengan mengurangi intensitas penggunaan internet, terdapat fitur khusus untuk menghemat data internet.

Fitur ini bisa dibilang tersembunyi. Jadi, wajar saja jika pengguna banyak yang mencari caranya.

Fitur penghemat data bisa diaktifkan dengan mudah tanpa perlu menggunakan bantuan aplikasi tambahan. Melainkan, dengan melalui menu yang ada di Pengaturan HP.

Tak bisa dipungkiri, saat ini internet menjadi hal penting bagi kebanyakan pengguna gadget, termasuk HP. Dengan adanya internet, berbagai aktivitas bisa dilakukan dengan mudah dan praktis.

Tentu saja, terhubung ke jaringan internet perlu memerlukan biaya. Saat ini, sebagian pengguna menggunakan data seluler untuk terhubung ke internet.

Untuk lebih hemat, biasanya pengguna memilih untuk membeli atau berlangganan paket internet dengan kuota yang cukup besar.

Meski memiliki kuota internet yang besar, namun jika penggunaannya tidak diatur, tak jarang terjadi terkurasnya kuota dengan cepat yang tentunya membuat pengeluaran bertambah.

Untuk itu, kamu perlu membatasi penggunaan data internet agar lebih hemat dan pengeluaran tidak lagi membengkak.

Cara Membatasi Penggunaan Data di HP Realme

Untuk membatasi penggunaan data internet, setidaknya ada dua metode yang bisa dilakukan selain mengurangi intensitas penggunaannya.

Kedua metode tersebut yakni dengan menghidupkan fitur penghemat data dan membatasi penggunaan data hotspot. Untuk lebih jelasnya, simak tutorial di bawah ini hingga tuntas.

Menghidupkan Penghemat Data

  • Langkah pertama, buka Pengaturan atau Setelan di HP kamu.
  • Kali ini, kami menggunakan HP Realme dengan realme UI V4.0.
  • Setelah halaman pengaturan terbuka, berbagai kategori akan muncul.
  • Dari kategori yang ada, pilih Jaringan seluler.
  • Kemudian, klik menu Penggunaan data. Nantinya, kamu akan diarahkan ke sebuah halaman.
  • Pada halaman tersebut, klik menu Hemat data.
  • Selanjutnya, aktifkan fitur hemat data dengan mengklik toggle switch
    yang ada di samping menu Hemat data.
  • Terakhir, klik Aktifkan.

Setelah fitur Hemat data aktif, aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang, termasuk aplikasi perpesanan seperti email, media sosial, dan lainnya tidak akan menerima pesan baru melalui data seluler.

Selain itu, hotspot pribadi dan tethering juga akan dinonaktifkan. Dengan begitu, penggunaan data internet akan lebih hemat.

Cara Membatasi Penggunaan Data di HP Realme dengan Membatasi Penggunaan

Bagi kamu yang sering berbagi hotspot ke perangkat lain, namun ingin penggunaan data internet tidak kebobolan, metode ini sangat cocok untuk diterapkan.

  • Pertama-tama, buka Pengaturan atau Setelan di HP Realme kamu.
  • Kemudian, klik kategori Koneksi & berbagi.
  • Pada halaman berikutnya, klik menu Hotspot pribadi, lalu klik Manajemen koneksi.
  • Terakhir, klik menu Batas penggunaan data dan pilih besaran data. Kamu bisa memilih untuk membatasi penggunaan data dari 10MB hingga tidak terbatas.
  • Setelah itu, klik Tegaskan.
  • Selesai. Setelah ini, hotspot akan dimatikan secara otomatis ketika sudah mencapai batas penggunaan data yang telah ditentukan tadi.

BACA JUGA: Cara Menampilkan Info Pemilik di HP Realme Tanpa Aplikasi Tambahan

Itu dia dua cara yang bisa dilakukan untuk membatasi penggunaan data di HP Realme. Kini, giliran kamu mempraktikkannya. Semoga artikel ini bermanfaat.