Tips & Trik

Cara Mematikan Centang Biru di WA agar Lebih Privasi

Ingin penggunaan WhatsApp jadi lebih nyaman dan terjaga privasinya? Kamu bisa coba cara mematikan centang biru di WA yang akan dibahas pada artikel ini.

Bukan rahasia lagi, WhatsApp atau WA merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang populer di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana dan juga berbagai fitur menarik yang memudahkan penggunanya dalam menunjang komunikasi secara online.

Terdapat beberapa fitur yang juga dirancang demi kenyamanan dan keamanan privasi setiap penggunanya.

Meskipun memiliki banyak fitur yang bermanfaat, namun sebagian orang justru ingin menonaktifkan salah satu dari fitur yang tersedia. Termasuk fitur centang biru pada chat WhatsApp.

Menonaktifkan centang biru tentunya bukan tanpa alasan. Seperti yang kita tahu, centang biru pada chat WhatsApp menunjukkan bahwa pesan yang dikirim telah dibaca oleh penerima.

Dalam hal ini, beberapa pengguna mungkin tidak ingin memberikan kesan bahwa mereka telah membaca pesan yang masuk. Atau ingin lebih menjaga privasinya.

Oleh karena itu, memilih untuk mematikan centang biru pada chat WA menjadi keputusan yang tepat.

Cara untuk menonaktifkan centang biru bisa dilakukan dengan mudah. Pasalnya, WhatsApp sendiri sudah menyediakan fiturnya.

Hanya dengan beberapa langkah saja, centang biru pada chat WA akan dinonaktifkan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini Hallo GSM

bagikan tutorial lengkap mematikan centang biru di WA. Pastikan simak tutorialnya hingga tuntas agar prosesnya berjalan lancar.

Cara Mematikan Centang Biru di WA

Sebelum ke tutorial, pastikan perangkat yang kamu gunakan terhubung ke jaringan internet yang stabil.

Buka Aplikasi WhatsApp

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mematikan centang biru di WA adalah membuka aplikasi WhatsApp.

Pada halaman Chat, klik ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas. Setelah itu, berbagai menu akan muncul.

Buka Setelan WhatsApp – Cara Mematikan Centang Biru di WA

Dari beberapa menu yang muncul, pilih menu Setelan. Pada halaman Setelan, kamu juga akan disuguhkan dengan banyak menu untuk menyetel WhatsApp yang kamu gunakan.

Untuk mematikan centang biru, klik menu Privasi. Setelah itu, ikuti langkah berikutnya.

Matikan Centang Biru

Pada halaman Privasi, nonaktifkan centang biru dengan mengklik toggle switch yang ada di samping menu Laporan dibaca.

Setelah menu Laporan dibaca nonaktif, setiap pesan yang telah kamu baca dan pesan kamu yang telah dibaca oleh penerima tidak akan dilengkapi centang biru. Melainkan hanya centang dua tanpa warna.

Hingga tahap ini, penonaktifan centang biru telah berhasil.

Selain menonaktifkan centang biru, perlu diketahui bahwa langkah di atas juga berpengaruh pada tayangan status.

Jika biasanya kamu bisa melihat kontak mana saja yang telah melihat tayangan status WA yang kamu buat, setelah menonaktifkan laporan dibaca, maka tayangan tersebut tidak ditampilkan.

Begitu pula ketika kamu melihat status WA pengguna lain. Meski kamu telah menampilkan tayangan status WA pengguna lain, namun tidak akan ada nama kamu di antara daftar kontak yang telah melihat status tersebut.

BACA JUGA: Cara Mengubah Tema YouTube dengan Mudah, Bisa Tampilkan Cahaya Sinematik

Nah, itulah cara mematikan centang biru di WA. Mudah dan menarik, bukan? Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat.