Tips & Trik

Cara Melihat Sandi Email dengan Mudah Lewat HP

Cara melihat sandi email sangat dibutuhkan ketika secara tidak sengaja melupakan kata sandi atau passwordnya. Lupa memang hal yang manusiawi.

Jika kamu mengalami hal yang sama, jangan panik. Pasalnya, pada artikel ini kamu akan diberitahu solusinya.

Seperti yang kita tahu, alamat email beserta dengan passwordnya bersifat penting. Ini berkaitan dengan fungsi layanan beberapa aplikasi penting yang login menggunakan alamat email.

Kata sandi email seringkali dibutuhkan ketika perlu login email di perangkat lain. Atau perlu login ke suatu aplikasi yang menggunakan password yang sama dengan akun email.

Ketika lupa kata sandi email, sebenarnya pengguna bisa mengklik lupa sandi ketika login. Selain itu, pengguna juga bisa melihat secara langsung sandi email yang dimaksud.

Menariknya lagi, sandi email bisa dilihat dengan mudah melalui HP. Hanya dengan beberapa langkah saja, kamu bisa mengetahui sandi email yang kamu gunakan.

Untuk lebih jelasnya, pastikan simak artikel ini hingga tuntas, karena ada hal penting yang perlu diketahui.

Cara Melihat Sandi Email

Untuk melihat sandi email dengan layanan Gmail, kamu bisa mengikuti tutorial di bawah ini melalui aplikasi bawaan, yakni Google Chrome.

Buka Google Chrome

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi Google Chrome. Aplikasi ini umumnya sudah tersedia di HP Android.

Jika kamu menggunakan HP iPhone, kamu perlu mengunduh aplikasi Google Chrome terlebih dahulu melalui App Store.

Masuk ke Setelan Chrome

Setelah aplikasi Chrome terbuka, kamu akan disuguhkan dengan halaman utama. Pada halaman tersebut, klik ikon titik tiga vertikal

yang ada di pojok kanan atas.

Kemudian, akan muncul beberapa menu. Dari berbagai menu yang ada, pilih menu Setelan. Setelah itu, kamu akan diarahkan ke halaman baru.

Lihat Sandi Email

Di halaman Setelan, cari menu Pengelola Sandi. Setelah itu, akan ada beberapa akun dengan kata sandi yang tersimpan.

Klik akun Gmail yang ingin kamu lihat kata sandinya. Nantinya, kamu akan diminta untuk memasukkan kode keamanan smartphone. Umumnya menggunakan PIN atau sidik jari.

Setelah itu, alamat email akan tampil. Untuk melihat kata sandinya, kamu hanya perlu mengklik ikon mata yang ada di samping kata sandi. Dengan sekejap, kata sandi email akan ditampilkan.

Perlu diketahui bahwa tutorial ini bisa dilakukan jika pengguna telah mengaktifkan fitur simpan kata sandi.

BACA JUGA: Cara Menyematkan Komentar di Instagram, Mudah dan Praktis!

Demikian tutorial cara melihat sandi email yang tak sengaja terlupakan. Silahkan ikuti langkah demi langkahnya. Semoga pembahasan ini membantu.