Tips & Trik

Cara Melihat RAM HP Vivo dengan Berbagai Metode, Cepat dan Mudah!

Perlu mengetahui kapasitas RAM di HP? Ikuti cara melihat RAM HP Vivo yang telah kami sajikan di bawah ini untuk mengetahuinya.

RAM atau Random Access Memory merupakan komponen penting yang berpengaruh pada performa keseluruhan sebuah perangkat, termasuk smartphone.

Semakin besar kapasitas RAM, semakin optimal pula kinerja perangkat yang digunakan. Oleh karena itu, mengetahui kapasitas RAM sebuah perangkat termasuk hal penting.

Mengetahui jumlah kapasitas RAM pada sebuah perangkat diperlukan dalam beberapa situasi. Misalnya saja, ketika ingin membeli HP second, hendak menginstal suatu aplikasi, atau yang lainnya.

Penting mengecek sisa kapasitas RAM, terlebih jika HP sudah terasa lemot. Dengan mengetahui sisa RAM yang tersedia, tentu hal itu bisa segera diatasi. Seperti dengan menghapus beberapa aplikasi, atau dengan menambah kapasitas RAM.

Melihat RAM HP Vivo bisa dilakukan dengan beberapa metode. Metode paling mudah adalah dengan melihat informasi yang tertera pada box kemasan HP. Biasanya, disana tertera jumlah kapasitas RAM HP.

Akan tetapi, jika box HP sudah tidak bisa ditemukan, tenang saja, karena ada alternatif lain yang bisa kamu lakukan. Penasaran? Langsung saja simak uraian berikut ini.

Cara Melihat RAM HP Vivo

Ada banyak cara untuk mengetahui jumlah RAM HP. Kali ini, ada tiga metode yang kami bahas untuk melihat kapasitas RAM HP Vivo selain melalui box penjualan HP. Bisa tanpa aplikasi, atau dengan aplikasi tambahan. Simak hingga tuntas, ya!

Melalui Kategori RAM & ruang penyimpanan

  • Langkah pertama, nyalakan HP Vivo kamu dan buka Pengaturan.
  • Setelah pengaturan terbuka, seperti biasa kamu akan disuguhkan dengan berbagai kategori pengaturan.
  • Silahkan klik kategori RAM & ruang penyimpanan.
  • Setelah itu, kamu bisa melihat kapasitas RAM pada menu paling atas di halaman baru.
  • Pada menu tersebut, kamu juga bisa mengetahui kapasitas RAM yang telah terpakai.

Cara Melihat RAM HP Vivo via Kategori Tentang Ponsel

Masih dari Pengaturan HP, kamu juga bisa melihat kapasitas RAM HP kamu dengan mengklik kategori Tentang ponsel atau About Phone.

Menu tersebut berada di bagian bawah halaman. Jadi, untuk menemukannya, kamu harus scroll atau menggulir layar ke bagian bawah.

Klik kategori Tentang ponsel

. Setelah itu, berbagai informasi mengenai HP Vivo yang kamu gunakan akan tampil.

Di halaman tersebut, kamu bisa mengetahui prosesor yang digunakan, versi Android dan UI (User Interface), kapasitas penyimpanan telepon, termasuk kapasitas RAM yang ada pada HP.

Pakai Aplikasi Tambahan

Selain melalui box kemasan dan melalui Pengaturan HP, kamu juga bisa mengetahui kapasitas RAM yang digunakan pada HP kamu melalui aplikasi pihak ketiga.

Saat ini, ada beberapa aplikasi yang memberikan informasi seputar spesifikasi yang ada pada HP yang sedang digunakan.

Salah satunya adalah aplikasi bernama CPU-Z. Kamu bisa mendapatkannya dengan gratis di Google Play Store. Silahkan unduh terlebih dahulu.

Jika proses download dan instalasi selesai, langsung saja buka aplikasinya.

  • Di halaman pertama, kamu akan disuguhkan dengan berbagai informasi.
  • Untuk mengetahui jumlah kapasitas RAM di HP Vivo kamu, silahkan klik tab Device.
  • Setelah itu, total RAM dan juga kapasitas tersedia bisa kamu ketahui.

Perlu diketahui bahwa tutorial di atas menggunakan HP Vivo dengan Funtouch OS 12. Jadi, mungkin perlu sedikit penyesuaian dengan HP yang kamu gunakan, terlebih jika versi OS yang dijalankan berbeda.

BACA JUGA: Cara Mengunci Layar HP Vivo dengan Berbagai Metode untuk Keamanan dan Privasi

Nah, itu dia tata cara melihat RAM HP Vivo yang bisa dilakukan dengan berbagai metode mudah. Kamu bisa menggunakan metode manapun sesuai keinginan.