Tips & Trik

Cara Melihat Password Gmail di HP dengan Mudah dan Cepat

Cara melihat password Gmail perlu diketahui karena akan sangat berguna, apalagi jika saat ini Anda lupa dengan kata sandi akun Gmail yang digunakan.

Password atau kata sandi memiliki peran sangat penting, karena termasuk pada sistem keamanan yang banyak digunakan pada akun, atau apapun yang perlu dijaga keamanannya.

Gmail atau Google Mail termasuk salah satu yang menggunakan password sebagai keamanan. Layanan surat elektronik dari Google ini menganjurkan pengguna untuk mengkombinasikan huruf besar, huruf kecil, angka, serta simbol pada password dalam pembuatannya.

Dengan begitu, tak jarang pengguna yang menyusun kombinasi password yang rumit karena alasan keamanan agar kata sandi tidak mudah ditebak oleh orang lain.

Hal tersebut kerap membuat penggunanya lupa pada password Gmail yang dibuatnya sendiri. Terlebih, jika pengguna menggunakan password yang berbeda pada tiap akun atau layanan. Pastinya membuat pengguna harus berpikir keras untuk mengingat password apa yang digunakan.

Jika Anda sedang mengalami hal yang sama, tenang saja. Karena ada cara untuk mengetahui password Gmail. Caranya juga bisa dilakukan dengan mudah melalui HP, baik itu Android ataupun iPhone.

Gmail memang salah satu layanan yang sangat penting dan banyak dipilih masyarakat. Layanan ini sering digunakan untuk berkirim surat penting secara online yang penyampaiannya sangat cepat dan menawarkan fitur yang memudahkan para penggunanya.

Ketika pengguna lupa dengan password yang digunakan pada Gmail, tentunya akan cukup repot, karena aktivitas penting akan jadi terhambat.

Lantas, bagaimana cara mengetahui kata sandi Gmail sendiri? Anda bisa menyimak tutorial lengkapnya di bawah ini.

Cara Melihat Password Gmail

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa melihat kata sandi Gmail bisa dilakukan dengan layanan Google Chrome yang sebelumnya telah mengaktifkan fitur simpan password otomatis.

Melihat Password di HP Android

  • Langkah pertama yang harus dilakukan untuk melihat password Gmail adalah dengan membuka menu Google Chrome di HP Anda.
  • Pada halaman utama, klik ikon titik tiga di bagian kanan atas.
  • Kemudian, pilih menu Setelan.
  • Pada halaman setelan, klik menu Pengelola sandi.
  • Ketik kata kunci ‘Google‘ pada kolom Telusuri sandi.
  • Setelah itu, klik Gmail.
  • Nantinya, informasi password Gmail akan ditampilkan.
  • Untuk melihat passwordnya, klik ikon mata di samping password dengan ikon titik titik.
  • Setelah itu, password Gmail Anda akan tampil.

Cara Melihat Password Gmail di iPhone

  • Pertama-tama, buka menu Google Chrome pada HP Iphone. Jika belum tersedia, Anda bisa mengunduhnya dari App Store.
  • Klik ikon titik tiga atau tombol More pada halaman utama.
  • Kemudian, pilih menu Password Manager.
  • Untuk menampilkan password yang disimpan, klik kata sandi yang disimpan.
  • Pada bagian ‘password‘ Gmail, klik ikon mata untuk menampilkan password.

Bicara soal password, baru-baru ini Google mengumumkan kehadiran fitur baru bernama Passkey. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk bisa masuk ke akun Google tanpa menggunakan password atau kata sandi.

Dengan mengaktifkan fitur Passkey, pengguna bisa masuk pada akun Google dengan cara selain menggunakan password, seperti menggunakan sidik jari, pengenalan wajah, PIN, atau yang lainnya.

BACA JUGA: Cara Mengganti Nama Email dan Foto Profil di Gmail, Mudah dan Praktis!

Demikian tutorial cara melihat password Gmail di HP Android dan iPhone. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di tutorial berikutnya.