Tips & Trik

Cara Melihat History WiFi di HP untuk Mengetahui Jaringan yang Pernah Terhubung

Ingin mengetahui jaringan WiFi mana saja yang pernah terkoneksi ke HP kamu? Kamu bisa mengetahuinya dengan cara melihat history WiFi yang akan dibahas pada artikel ini.

Pengguna HP saat ini memang banyak yang memilih menggunakan jaringan WiFi untuk mengakses internet. Tak heran, karena jaringan WiFi kekuatan sinyalnya lebih baik daripada menggunakan data seluler.

Selain itu, menggunakan WiFi juga menghemat pengeluaran pembelian kuota internet.

Oleh karena itu, kini tak jarang pengguna gadget yang memasang WiFi di rumahnya untuk keperluan internet anggota keluarga.

Selain di rumah, WiFi juga banyak dipasang di tempat umum, bahkan disediakan secara free alias gratis. Biasanya, WiFi ada di restoran, kafe, hotel, rumah sakit, bus, sekolah, instansi pemerintah, dan tempat lainnya.

Ketika bepergian ke tempat umum dan perlu jaringan internet, namun tidak memungkinkan untuk menggunakan data seluler, entah itu karena kehabisan kuota atau jaringan sedang buruk, tak perlu khawatir. Pasalnya, kini banyak tempat-tempat umum yang menyediakan WiFi gratis.

Biasanya, pemilik tempat menempelkan informasi password WiFi agar pengunjung bisa dengan mudah menghubungkan perangkatnya ke WiFi.

Banyaknya jaringan WiFi yang pernah disambungkan ke HP, seperti ketika menyambungkan di kafe, sekolah, rumah sakit, atau tempat umum lainnya, HP akan menyimpan nama WiFi tersebut.

Sehingga, pengguna bisa melihat riwayat nama-nama WiFi yang pernah terhubung ke HP. Dengan begitu, pengguna bisa lebih mudah ketika ingin menghubungkan lagi HP ke WiFi yang sebelumnya pernah terhubung.

Cara Melihat History WiFi

Untuk melihat riwayat jaringan WiFi yang pernah terhubung ke HP yang kamu gunakan, bisa dilakukan dengan langkah yang mudah.

Berikut ini Hallo GSM bagikan tutorialnya menggunakan HP Realme dengan Realme UI V.3.0. Jika kamu menggunakan HP merk lain, mungkin perlu sedikit penyesuaian.

Buka Pengaturan HP

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk melihat history

WiFi yaitu membuka Pengaturan atau Settings HP.

Nantinya, berbagai menu pengaturan akan muncul. Dikarenakan ini masuk ke kategori WiFi, maka klik menu WiFi.

Cara Melihat History WiFi dengan Membuka Pengaturan Lanjut

Berikutnya, buka pengaturan lanjut WiFi dengan mengklik ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas halaman WiFi.

Setelah itu, klik tombol Pengaturan lanjut. Nantinya, kamu akan dialihkan ke halaman pengaturan tersebut.

Tampilkan Riwayat

Pada halaman Pengaturan Lanjut, klik menu Jaringan tersimpan.

Nantinya, daftar jaringan WiFi yang pernah terhubung ke HP kamu akan ditampilkan. Selain mengetahui riwayat jaringan WiFi yang terhubung, dari halaman tersebut kamu bisa menghapus jaringan WiFi.

Menghapus jaringan WiFi yang pernah terhubung bisa dilakukan dengan mengklik ikon titik tiga horizontal, kemudian klik tombol Edit. Setelah itu, tandai jaringan mana yang ingin dihapus. Klik tombol Hapus untuk menghapus jaringan tersebut.

BACA JUGA: Cara Mematikan HP Realme dengan Berbagai Metode Mudah, Bisa Otomatis!

Nah, itulah cara melihat history WiFi yang pernah terhubung ke HP. Silahkan praktekkan dengan mengikuti langkah di atas serta sesuaikan dengan HP yang digunakan. Semoga bermanfaat.