Tips & Trik

Cara Daftar Haji Terbaru 2023, Bisa Lewat Smartphone

Pada tahun 2023, biaya haji berpotensi turun dan cara daftar haji kini bisa dilakukan melalui smartphone secara online.

Kementerian Agama dengan DPR RI tengah melaksanakan rapat untuk mengumumkan biaya haji yang berpotensi turun.

Hasil keputusan yang tadinya akan diumumkan pada 14 Februari 2023 ditunda dan rencananya akan diumumkan pada hari ini, Rabu, 15 Februari 2023.

Kabar baik tersebut tentunya menyita perhatian Muslim Indonesia yang berniat untuk melaksanakan ibadah haji.

Hal ini ditandai juga dengan banyaknya pengguna gadget termasuk smartphone yang mencari cara mendaftar haji di tahun 2023.

Jika sebelumnya mendaftar haji dilakukan secara offline dengan mengunjungi kantor Kementerian Agama di Kabupaten/Kota, atau melalui Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), kali ini pendaftaran haji bisa dilakukan dengan lebih mudah dan praktis.

Bagi Anda yang berminat untuk daftar haji di tahun ini, bisa melakukan pendaftaran secara online melalui smartphone.

Ya, baru-baru ini pemerintah melalui Kementerian Agama telah merilis aplikasi bernama Pusaka Kemenag Super Apps yang menyediakan sejumlah layanan termasuk pendaftaran haji.

Selain untuk daftar haji, aplikasi yang dirilis pada 20 November 2022 ini juga menyediakan layanan lain seperti pendaftaran nikah, sertifikasi halal, sistem informasi data perizinan, serta layanan pengaduan masyarakat online.

Selain layanan untuk umat Muslim, aplikasi Pusaka Kemenag Super Apps juga menyajikan informasi keagamaan Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu.

Untuk mendaftar haji melalui aplikasi Pusaka Kemenag Super Apps, berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda ikuti sebagaimana dilansir dari laman resmi kemenag.go.id.

Cara Daftar Haji Online

  • Untuk mendaftar haji secara online, download aplikasi Pusaka Kemenag Super Apps terlebih dahulu di Google Play Store atau App Store.
  • Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasi Pusaka Kemenag Super Apps.
  • Pada halaman utama, klik ikon Login yang ada di pojok kanan bawah.
  • Isi data diri dan klik tombol Simpan Pembaruan Data.
  • Setelah itu, kembali ke halaman utama.
  • Di halaman utama, klik menu Layanan Publik, kemudian pilih Pendaftaran Haji.
  • Nantinya, Anda akan diminta login ke Akun Haji. Jika belum memiliki akun, Anda bisa klik opsi Daftar dan lakukan pendaftaran.
  • Isi Nomor Validasi dan NIK. Nomor validasi didapatkan setelah Anda membayar setoran awal pendaftaran haji di bank penyedia layanan pendaftaran haji terdekat.
  • Setelah input Nomor validasi dan NIK, isi formulir pendaftaran secara online.
  • Jika data dan persyaratan telah sesuai dan lengkap, Surat Pendaftaran Haji (SPH) yang berisi nomor porsi jemaah akan dikirimkan ke email Anda paling lama dalam 3 hari kerja.
  • SPH bisa didownload juga melalui aplikasi Pusaka.

Setelah mendaftar dan mendapatkan nomor porsi jemaah, Anda bisa mengecek estimasi keberangkatan haji menggunakan aplikasi Pusaka Kemenag Super Apps.

Caranya, klik ikon Islam pada halaman utama. Kemudian, klik ikon Estimasi Keberangkatan pada menu Layanan Haji dan Umrah.

Selanjutnya, masukkan nomor porsi dan klik tombol Cek Nomor Porsi.

Nantinya, akan muncul informasi mengenai nama, alamat, posisi porsi, dan perkiraan berangkat haji.

BACA JUGA: Cara Daftar BRImo Praktis Tanpa Harus ke Bank

Demikian cara daftar haji terbaru 2023 secara online melalui aplikasi Pusaka Kemenag Super Apps. Semoga bermanfaat.