Tips & Trik

Cara Cek Processor HP Xiaomi untuk Semua Tipe, Mudah dan Akurat!

Cara cek processor HP bisa dilakukan dengan mudah melalui beberapa metode. Baik itu dengan aplikasi atau tanpa aplikasi sekalipun.

Prosesor merupakan komponen penting pada setiap perangkat gadget, termasuk smartphone. Prosesor merupakan perangkat keras yang menjadi otak karena memiliki tugas sebagai penerima perintah dan menjalankan perintah. Sehingga, prosesor berperan dalam mengontrol aktivitas.

Oleh karena itu, pengecekan prosesor perlu dilakukan untuk mengetahui spesifikasi perangkat keras HP. Terlebih, ketika hendak membeli HP.

Jenis prosesor biasanya menjadi pertimbangan, terutama bagi mereka yang mementingkan performa yang sesuai dengan kebutuhan. Baik itu untuk menunjang aktivitas sehari-hari, terlebih khusus untuk gaming.

Xiaomi yang merupakan merk HP populer di Indonesia kebanyakan menggunakan prosesor dari Qualcomm Snapdragon atau besutan MediaTek.

Kedua jenis prosesor tersebut tentunya memiliki model berbeda dengan karakteristik, kelebihan, dan kekurangan yang juga berbeda.

Untuk mengetahui prosesor apa yang dipakai oleh HP Xiaomi yang kamu gunakan atau HP yang hendak kamu beli, kamu bisa mengeceknya dengan langkah berikut.

Cara Cek Processor HP

Berikut ini Hallo GSM bagikan tutorial mengecek processor HP dengan berbagai metode. Mulai dari tanpa aplikasi hingga dengan aplikasi tambahan.

Cek Box Kemasan

Metode pertama yang bisa dilakukan untuk mengecek prosesor HP adalah dengan melihat bagian luar box

kemasan HP itu sendiri.

Biasanya, pada box kemasan tertera informasi spesifikasi yang dimiliki perangkat. Seperti resolusi kamera, layar, kapasitas baterai, RAM, fitur, termasuk prosesor.

Jika box kemasan HP Xiaomi yang ingin kamu cek prosesornya tidak bisa ditemukan, tenang saja. Kamu bisa mengecek prosesor HP dengan metode selanjutnya.

Cara Cek Processor HP via Setelan HP

  • Langkah pertama, buka Setelan pada HP Xiaomi yang ingin kamu cek prosesornya.
  • Kemudian, klik kategori Tentang telepon.
  • Selanjutnya, klik menu Keseluruhan spesifikasi.
  • Setelah itu, kamu bisa melihat bagian CPU. Di sana, prosesor HP tersebut akan ditampilkan.

Cek Prosesor Melalui Aplikasi Tambahan

Selain melalui box kemasan dan menu Setelan HP, kamu juga bisa mengecek prosesor HP dengan bantuan aplikasi tambahan.

Saat ini, sudah banyak aplikasi pengecek spesifikasi HP yang bisa diinstal di Google Play Store. Diantaranya, ada CPU-Z, AIDA64, dan masih banyak lagi.

Kali ini, kami akan mengecek prosesor HP menggunakan salah satu aplikasi tersebut, yakni CPU-Z. Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan.

  • Pertama, pastikan HP Xiaomi kamu terhubung ke jaringan internet yang stabil.
  • Unduh aplikasi CPU-Z di Google Play Store.
  • Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasinya.
  • Nantinya, informasi mengenai spesifikasi HP yang digunakan akan tampil.
  • Untuk mengetahui prosesor yang digunakan di HP Xiaomi kamu, klik tab SOC.
  • Jenis prosesor yang digunakan akan tampil di bagian atas halaman.

BACA JUGA: 3 Cara Menonaktifkan TalkBack Xiaomi, Mudah dan Cepat!

Itu dia cara cek processor HP yang bisa dilakukan dengan mudah melalui beberapa metode. Kamu bisa menggunakan metode mana saja, baik itu dengan aplikasi atau tanpa aplikasi sesuai dengan keinginan ataupun kondisi. Semoga bermanfaat.