Tips & Trik

Cara Cek HP Vivo Secara Keseluruhan, Cek Sekarang Biar Makin Tenang

Pengguna Vivo perlu mengetahui tata cara cek HP Vivo untuk memastikan segala hal selalu dalam keadaan baik, sehingga HP bisa menunjang aktivitas dengan maksimal.

Seperti yang kita tahu, smartphone menjadi barang yang sering digunakan untuk menunjang berbagai aktivitas di setiap harinya.

Oleh karena itu, kondisi smartphone atau HP perlu selalu dicek agar kamu merasa tenang dalam menggunakan HP untuk berkegiatan sehari-hari.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek kondisi HP, termasuk HP Vivo. Mulai dari keaslian, hingga kondisi hardware.

Dengan memastikan berbagai hal pada HP Vivo yang kamu gunakan, segala hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan dan lain sebagainya tentu bisa diminimalisir, dan diatasi sesegera mungkin.

Dengan begitu, HP bisa tetap dalam kondisi prima dan bisa digunakan dengan maksimal.

Cara Cek HP Vivo

Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini beberapa hal yang bisa di cek pada HP Vivo. Pastikan simak pembahasannya hingga tuntas, ya!

Cek Keaslian HP

Keaslian HP tentu menjadi hal penting untuk dicek. Untuk mengetahui HP yang kamu gunakan statusnya asli atau palsu, dalam artian ilegal, kamu bisa mengeceknya dengan IMEI yang ada pada HP tersebut.

Nomor IMEI biasanya ada pada stiker yang tertempel di bagian belakang perangkat. IMEI juga bisa dilihat melalui pengaturan HP itu sendiri.

Cara untuk mengecek keaslian HP dengan nomor IMEI, bisa dengan mengikuti langkah berikut ini.

Pertama, ketahui nomor IMEI HP Vivo yang kamu gunakan. Kamu bisa mencatat nomor IMEI dari stiker yang melekat di bagian belakang HP. Bisa juga dengan membuka Pengaturan > Tentang ponsel > Status.

Setelah nomor IMEI diketahui, kamu bisa memeriksanya melalui situs website resmi Vivo, di www.vivo.com/en/support/IMEI.

Kunjungi website tersebut melalui browser yang biasa kamu gunakan. Setelah halaman terbuka, silahkan masukkan nomor IMEI pada kolom yang tersedia.

Setelah itu, klik Submit dan tunggu beberapa saat. Jika HP Vivo kamu asli atau legal, maka akan muncul informasi mengenai HP tersebut, seperti nomor seri, tanggal pembuatan dan garansi.

Mengecek Tipe HP Vivo

Cara cek tipe HP Vivo juga perlu dilakukan. Pasalnya, ada beberapa hal yang dilakukan memerlukan penyesuaian dengan tipe HP yang digunakan.

Seperti memilih case HP, ketika perlu memasang anti gores, mengetahui kompatibilitas dengan suatu aplikasi, atau yang lainnya.

Mengetahui tipe HP bisa dengan mengecek dus HP. Jika dus HP sudah tidak ada, kamu bisa mengetahuinya melalui Pengaturan.

  • Caranya, buka Pengaturan di HP Vivo kamu.
  • Kemudian, klik kategori Tentang ponsel
    yang biasanya ada di bagian paling bawah.
  • Nantinya, beberapa informasi mengenai perangkat akan ditampilkan.
  • Untuk mengetahui tipe HP, kamu bisa melihatnya pada bagian “Nama perangkat”.
  • Akan tetapi, jika nama perangkat justru telah diedit atau diganti oleh pengguna HP sebelumnya, klik menu Informasi perangkat lunak.
  • Setelah itu, berbagai informasi, termasuk nomor model HP Vivo kamu akan ditampilkan.
  • Kamu bisa searching di Google untuk mengetahui nama perangkat HP Vivo yang kamu gunakan dari nomor model yang tertera.

Ketahui Kesehatan Baterai HP

Selanjutnya, cek kesehatan baterai HP. Seperti diketahui, baterai merupakan komponen penting pada smartphone.

Dikarenakan berpengaruh pada kinerja HP, kesehatannya perlu selalu terjaga. Untuk itu, pengecekan perlu dilakukan agar ketika ada kerusakan, bisa segera diatasi.

Untuk mengecek kesehatan baterai HP, bisa melalui setidaknya dua metode. Bisa melalui pengaturan HP, atau dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Jika ingin mengecek kesehatan baterai tanpa aplikasi tambahan, kamu bisa membuka Pengaturan di HP Vivo yang kamu gunakan.

Kemudian, klik kategori Baterai. Nantinya, informasi mengenai baterai dan penggunaannya akan tampil. Jika konsumsi daya baterai normal, maka bisa dipastikan bahwa kesehatan baterai HP kamu terjaga.

Cek Spesifikasi HP Vivo

Untuk mengecek spesifikasi HP Vivo yang kamu gunakan, bisa dengan melihatnya dari box

kemasan perangkat.

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui detail spesifikasi HP dari pengaturan, atau dengan mengunjungi situs website resmi Vivo Indonesia.

Jika melalui website resmi, kamu bisa langsung saja mengunjungi www.vivo.com/id melalui browser. Kemudian, cari nama atau tipe HP Vivo yang kamu gunakan. Kemudian, masuk ke tab spesifikasi. Nantinya, detail spesifikasi HP tersebut akan ditampilkan.

Kamu juga bisa mengecek spesifikasi HP Vivo kamu dengan membuka Pengaturan, kemudian klik kategori Tentang ponsel.

Setelahnya, beberapa informasi spesifikasi HP Vivo kamu akan ditampilkan. Seperti kapasitas penyimpanan, versi Android, prosesor yang digunakan, RAM, dan lainnya.

Ketahui Kondisi Layar

Kondisi layar juga menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan untuk dicek. Terutama, jika kamu menggunakan HP Vivo second.

Kamu bisa mengecek secara langsung dan mengamati apakah ada piksel layar yang rusak atau tidak. Kamu juga bisa memeriksa kesensitifitasan touchscreen dengan mengakses kode khusus.

  • Caranya, buka menu Telepon di HP Vivo kamu.
  • Kemudian, ketik kode *#558#.
  • Nantinya, kamu akan dialihkan ke halaman “Factory Reset”.
  • Pada halaman tersebut, pilih Engineering Test.
  • Kemudian, pilih Touchscreen Test.
  • Silahkan lakukan pengujian dan pastikan semua bagian layar HP responsif.

Mengecek Sistem Operasi

Cek sistem operasi yang dijalankan HP kamu caranya mudah. Kamu hanya perlu membuka Pengaturan, kemudian scroll atau gulir layar.

Klik kategori Tentang ponsel yang ada di bagian bawah halaman pengaturan. Setelah itu, kamu bisa mengetahui sistem operasi yang dijalankan pada saat ini.

Cek Kerusakan HP

Mengecek kerusakan pada HP Vivo kamu bisa dilakukan dengan cara memeriksa kondisi fisik HP.

Silahkan periksa apakah ada goresan, retakan, atau kerusakan lain pada layar, dan keseluruhan bodi perangkat.

Pastikan juga tombol fisik yang ada, seperti volume up dan down berfungsi dengan normal. Jika tidak responsif, bisa dipastikan ada masalah atau kerusakan pada tombol tersebut.

Cek juga speaker dan mikrofon di HP kamu. Kamu bisa mengeceknya dengan cara merekam suara kamu dan dengarkan hasil rekamannya. Apakah suaranya jelas atau tidak. Jika kurang jelas, kemungkinan ada masalah pada mikrofon atau speaker HP kamu.

BACA JUGA: Cara Mengaktifkan Ketuk Layar 2 Kali di Vivo untuk Menyalakan dan Matikan Layar dengan Praktis

Itulah cara cek HP Vivo pada berbagai aspek yang bisa dilakukan dengan mudah. Segera cek HP Vivo kamu sekarang juga agar bisa segera mengatasi jika terdapat kerusakan atau hal tidak diinginkan pada HP kamu.