Tips & Trik

Cara Agar WA Centang 1 Walaupun Sedang Online, Mudah dan Dijamin Berhasil!

Banyak pengguna WhatsApp yang ingin tahu bagaimana cara agar WA centang 1, karena berbagai alasan. Salah satunya mungkin privasi.

Aplikasi WhatsApp menjadi aplikasi pesan instan populer yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan di berbagai negara.

WhatsApp digunakan setiap hari untuk keperluan komunikasi, baik itu dengan mengirim pesan chat, melakukan panggilan suara atau video, maupun berbagi cerita melalui fitur Status.

Salah satu layanan yang sering digunakan di WA hampir setiap waktu adalah Chat. Melalui chat, pengguna bisa berkirim pesan teks, foto, video, dokumen, stiker, dan lain sebagainya pada pengguna lain secara individu maupun grup.

Dalam berkirim pesan, ada sejumlah indikator yang terlihat oleh pengirim pesan. Indikator tersebut menandakan status pesan yang dikirim.

Adapun, indikatornya terdiri dari centang 1, centang 2, dan centang dua biru. Pengguna setia WhatsApp pastinya sudah hafal betul dengan arti dari indikator tersebut.

Indikator centang 1 menandakan bahwa pesan sudah dikirim, namun belum diterima oleh nomor tujuan.

Centang dua menandakan pesan yang dikirim telah diterima, dalam artian sudah masuk ke akun WA penerima. Dan centang 2 biru, berarti pesan telah diterima dan dibuka atau dibaca oleh penerima.

Sebagai informasi, centang 2 biru kini bisa dikustomisasi melalui pengaturan WhatsApp. Ya, pengguna bisa menonaktifkan laporan dibaca. Dengan begitu, meskipun pesan sudah dibaca, namun indikator pesan pada WA penerima tetap centang 2, tanpa warna biru.

Berbeda halnya dengan indikator centang 1. Centang 1 tidak bisa dikustomisasi seperti halnya centang dua biru.

Sampai saat artikel ini diturunkan, WhatsApp belum memiliki fitur untuk hanya mengaktifkan centang 1 saja pada indikator pesan.

Jadi, pengirim pesan tetap mengetahui apakah pesannya sudah terkirim pada nomor tujuan atau belum.

Sejauh ini, centang satu hanya berlaku pada pesan yang dikirim pada kontak yang tidak aktif atau kontak yang diblokir.

Cara Agar WA Centang 1

Tak sedikit pengguna yang ingin menerima atau membaca pesan masuk, namun indikator pada pesan di WA pengirim masih centang 1.

Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan. Bisa demi menjaga privasi, atau menghindar dari pengirim pesan yang dianggap mengganggu. Berikut beberapa metode yang bisa dilakukan.

Blok Pengirim Pesan

Bagi kamu yang ingin pesan WA yang dikirim ke nomor kamu tetap centang 1, meski kamu sedang online, kamu bisa melakukannya dengan cara memblokir nomor pengirim pesan.

  • Caranya, buka aplikasi WhatsApp.
  • Cari akun pengguna WA yang akan diblokir.
  • Buka chat dari pengguna yang dimaksud.
  • Klik ikon titik tiga, kemudian pilih menu Blokir.
  • Beri konfirmasi, dan pengguna tersebut akan diblokir.

Setelah itu, pesan apapun yang dikirim oleh pengguna yang diblokir akan tetap centang 1. Meski kamu sedang online di WhatsApp.

Dengan begitu, kamu bebas membuka WhatsApp tanpa gangguan orang tersebut dan tanpa perlu mematikan data seluler.

Akan tetapi, pesan dari pengguna tersebut tidak akan bisa kamu lihat, karena pesan dan panggilan tidak akan terkirim.

Cara Agar WA Centang 1 dengan Menonaktifkan Data Internet

Cara lainnya adalah dengan menonaktifkan data seluler atau jaringan WiFi. Dengan begitu, akun WA kamu menjadi offline dan siapapun yang mengirim pesan akan tetap centang 1.

Untuk mematikan data seluler, kamu bisa mengakses quick menu yang ada di bar notifikasi. Kemudian, klik menu Data seluler hingga nonaktif.

Begitupun dengan jaringan WiFi, untuk menonaktifkan jaringan WiFi yang terhubung, bisa melalui bar notifikasi dan klik menu WiFi.

Meskipun centang 1, namun kamu tetap bisa menerima pesan yang dikirim oleh pengguna lain ketika perangkat kamu terhubung lagi ke jaringan internet. Ketika kamu membuka pesan masuk, indikator centang 1 juga akan berubah.

BACA JUGA: Cara Melihat Total Belanja di Shopee untuk Mengetahui Berapa Banyak Uang yang Dikeluarkan

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar WA centang 1 meski kamu sedang online dan offline. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.