Tips & Trik

Cara Agar Foto WA Tidak Tersimpan di Galeri Secara Otomatis, Begini Langkahnya

Galeri penuh dengan foto-foto dari WhatsApp karena tersimpan otomatis? Tenang saja, karena ada cara agar foto WA tidak tersimpan di galeri yang bisa dilakukan dengan mudah.

Seperti yang kita tahu, WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan populer yang sering digunakan untuk menunjang komunikasi online.

Banyak pengguna smartphone Indonesia, bahkan negara lain yang menggunakan aplikasi ini. Tak heran, karena WhatsApp menawarkan tampilan sederhana yang user friendly dan juga fitur-fitur yang cukup lengkap.

Melalui WA, pengguna bisa mengirim pesan dengan berbagai media, seperti foto, video, audio, hingga dokumen, bahkan kini bisa mengirim polling.

Biasanya, foto yang diterima dari aplikasi WhatsApp, dalam artian ada pengguna lain yang mengirim foto, baik itu secara pribadi atau grup, foto tersebut otomatis tersimpan ke galeri.

Hal ini karena WhatsApp memiliki fitur Unduh Otomatis. Jadi, setiap pesan berbentuk foto masuk, akan diunduh dan disimpan ke galeri secara otomatis.

Dari banyaknya pengguna WA saat ini, tak sedikit yang merasa risih dengan munculnya berbagai foto pada galeri. Terlebih, jika foto-foto tersebut tidak begitu penting, misalnya saja, foto dari suatu grup WA.

Selain itu, foto yang otomatis diunduh juga bisa membuat penyimpanan HP jadi cepat penuh dan berpotensi membuat performa perangkat menjadi lambat.

Untungnya, WhatsApp memberikan kebebasan bagi para penggunanya untuk mengatur setelan Unduh otomatis sesuai dengan keinginan.

Kamu bisa menghentikan pengunduhan foto dari WhatsApp yang terjadi secara otomatis dengan mengikuti tutorial di bawah ini.

Cara Agar Foto WA Tidak Tersimpan di Galeri

Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan agar foto dari WA tidak tersimpan di galeri secara otomatis. Pastikan simak hingga tuntas dan ikuti langkah demi langkahnya.

Buka WhatsApp

Langkah pertama, buka aplikasi WhatsApp di HP kamu. Kali ini, kami menggunakan HP Android.

Setelah berada di halaman Chat, klik ikon titik tiga. Nantinya, beberapa menu akan muncul.

Cara agar Foto WA Tidak Tersimpan di Galeri dengan Membuka Setelan WA

Dari menu yang muncul, klik menu Setelan untuk membuka setelan WhatsApp.

Setelah beralih ke halaman Setelan, di sana ada berbagai menu pengaturan. Scroll atau gulir layar, dan ikuti langkah selanjutnya.

Klik Menu Penyimpanan dan data

Dari berbagai menu yang tersedia, klik menu Penyimpanan dan data.

Setelah itu, perhatikan bagian Unduh otomatis media. Di sana, ada tiga pengaturan. Pertama, Saat menggunakan data seluler, kemudian Saat terhubung ke WiFi, dan Saat roaming.

Nonaktifkan Unduh Otomatis

Agar foto dari WA tidak tersimpan di galeri secara otomatis, klik menu Saat menggunakan data seluler. Kemudian hilangkan ceklis yang ada pada opsi Foto. Kemudian klik OKE.

Kamu juga bisa menghilangkan ceklis yang ada di opsi audio, video, dan dokumen agar media tersebut tidak langsung terunduh, sehingga menghemat kuota internet dan kapasitas penyimpanan.

Selanjutnya, klik menu Saat terhubung ke WiFi dan pastikan opsi Foto tidak di ceklis.

Cek juga pada menu Roaming. Pastikan opsi Foto tidak di ceklis.

Setelah ini, setiap foto yang diterima tidak akan disimpan secara otomatis ke galeri.

BACA JUGA: Cara Menggandakan Aplikasi di HP Realme Tanpa Aplikasi dengan Mudah

Nah, itulah cara agar foto WA tidak tersimpan di galeri secara otomatis. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.