News

Asus Zenfone 9 Meluncur, Saingi iPhone 13 Mini?

Smartphone flagship Asus Zenfone 9 resmi diluncurkan ke pasar global. Dengan spesifikasi yang ditawarkannya, HP Asus terbaru ini bisa menjadi lawan tangguh bagi iPhone 13 Mini.

Bagaimana tidak, perangkat berukuran compact tersebut hadir dengan spesifikasi mumpuni namun dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau.

Suksesor Asus Zenfone 8 ini menawarkan layar Super AMOLED FHD+ 5,9 inci dengan kecepatan refresh 120Hz. Di pojok kiri atas layarnya disematkan kamera selfie berkekuatan 12MP.

Meskipun bentuknya mungil, performanya super ngebut berkat chipset unggulan Snapdragon 8+ Gen 1 yang diracik dengan RAM LPDDR5 hingga 16GB dan penyimpanan UFS 3.1 256GB.

Dari sektor fotografi, Zenfone 9 menawarkan kamera belakang 50MP dengan sensor Sony IMX766 yang dilengkapi 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer. Kamera utama tersebut dipasangkan dengan kamera ultra wide

12MP.

Asus Zenfone 9 dengan dimensi bodi 146,6 x 68,2 x 9,5 mm serta berat 165 gram mengemas baterai yang lebih besar dari pendahulunya, bahkan dari iPhone 13 Mini. Baterai berkapasitas 4300 yang dibawanya dilengkapi dengan fitur fast charging 30W.

Bicara soal fitur, handset anyar ini menawarkan fitur menarik. Fitur tersebut merupakan tombol daya multifungsi ZenTouch yang dipasang di bagian samping perangkat.

Fitur ZenTouch memungkinkan pengguna untuk membuka notifikasi, memuat halaman web, scroll halaman, dan kontrol media melalui tombol Power.

Smartphone dengan balutan warna Midnight Black, Starry Blue, Sunset Red dan Moonlight White ini telah mengantongi sertifikasi IP68 yang berarti tahan terhadap air dan debu.

Perihal harga, Asus Zenfone 9 dengan RAM 8GB + 128GB dijual di Eropa dengan banderol mulai dari 799 euro atau sekitar Rp 12 jutaan. Harga tersebut sedikit lebih murah dari iPhone 13 Mini.

BACA JUGA: Asus ROG Phone 6 Pro Resmi Dirilis, Harga Mulai Rp 17 Jutaan

Kabar baik, smartphone Asus terbaru dari seri Zenfone ini telah dikonfirmasi akan dirilis di Indonesia. Namun, sejauh ini pihak Asus belum mengungkap tanggal peluncurannya.