News

Apple Luncurkan iPad Air 6th Gen, Bakal Hadir di Indonesia?

iPad Air 6th Gen akhirnya resmi diluncurkan bersamaan dengan iPad Pro. Air 6th Gen hadir sebagai penerus Air generasi kelima yang memulai debutnya pada awal tahun 2022.

Model terbaru diluncurkan dengan peningkatan spesifikasi serta desain dengan sedikit perbedaan dari pendahulunya.

Kali ini, tablet Apple anyar ini hadir dengan layar berukuran 13 inci dan juga 11 inci. Kedua varian tersebut menampilkan layar Liquid Retina IPS LCD dengan kecerahan puncak 600 nits dan resolusi 2K (2.048×2.732 piksel).

Tablet iPad Air 6th Gen mengusung desain yang secara umum mirip seperti pendahulunya dengan frame datar, tombol Touch ID di bagian atas, dan tombol pengatur volume di bagian kanan.

Perubahan yang terlihat mencolok ada pada sensor kamera depan yang kini posisinya dipindahkan ke sisi kanan ketika tablet mode lanskap.

Tablet ini memiliki kompatibilitas dengan Stylus Pencil Pro yang bisa menempel secara magnetis pada panel kanan tablet.

Di sektor kamera, tablet iPad Air generasi keenam ini masih mempertahankan kamera yang sama seperti pendahulunya. Perangkat memiliki kamera belakang beresolusi 12 MP dan kamera depan beresolusi sama. Kamera belakangnya mendukung Smart HDR dan perekaman video 4K.

Perihal performa, Apple membekalinya dengan prosesor M2 Apple. Perangkat memiliki kapasitas penyimpanan internal 128GB.

Tablet anyar ini mendukung konektivitas jaringan WiFi-6E dan 5G serta diluncurkan dalam varian warna Biru, Ungu, Starlight, dan Space Grey.

Soal harga, Air 6th Gen varian 11 inci dijual mulai dari 599 dollar (Rp 9,6 jutaan). Sedangkan varian 13 inci dipatok harga mulai dari 799 dollar (Rp 12,8 jutaan).

iPad Air generasi terbaru ini sudah mulai bisa dipesan dan penjualan pertamanya akan dimulai pada 15 April 2024.

BACA JUGA: Oppo Reno 12 Pro 5G Bakal Rilis di Indonesia, Ini Buktinya

Perihal ketersediaan, saat ini belum diketahui negara mana saja ang akan disambangi tablet iPad Air 6th Gen. Di Indonesia, baru ada tanda-tanda mengenai kehadiran Apple iPad yang memiliki nomor model A2377.