Aplikasi

8 Aplikasi Scanner Foto yang Praktis Digunakan di Android dan iOS

Cukup bermodalkan aplikasi scanner foto yang diinstall di HP, kini kamu bisa melakukan scanning dengan mudah dari rumah tanpa perlu bantuan orang lain lagi.

Ya, karena memang di zaman serba canggih seperti sekarang ini banyak hal yang bisa dipermudah, termasuk urusan scanning.

Cukup siapkan HP dan install aplikasi scanner-nya, kamu pun langsung melakukan scanning dengan bantuan kamera HP.

Hal ini bisa menjadi alternatif terbaik, apalagi ketika kamu berada di suatu tempat yang jauh dari tempat yang menyediakan jas scanner.

Pada kesempatan kali ini, HALLO GSM telah merangkum beberapa aplikasi scanner yang dapat kalian gunakan dengan mudah di HP.

Rekomendasi Aplikasi Scanner Foto Terbaik

Kalian bisa memilih salah satu dari beberapa aplikasi scanner terbaik yang akan kami bahas berikut ini.

Camscanner

Aplikasi yang pertama ada Camscanner. Aplikasi ini bisa dibilang sangat multi-fungsi karena dapat memindai berbagai macam dokumen dalam bentuk gambar atau file.

Setelah itu, hasilnya, dapat disimpan dalam bentuk PDF dan JPEG. Hal menarik dari Camscanner tak hanya sampai di situ saja, lho.

Setelah selesai memindai file, hasilnya dapat disimpan ke dalam perangkat atau bisa juga langsung dibagikan ke media sosial sesuai yang kalian kehendaki.

Camscanner cukup populer, di Google Play Store saja telah diunduh lebih dari 100 juta pengguna dan ratingnya mencapai 4,7.

Simpel Scan – Aplikasi Scanner Foto Terbaik

Simpel Scan. (IST)

Masih dengan pembahasan yang sama, Simpel Scan juga mampu bertugas sebagai scanner yang bisa diandalkan. Aplikasi ini dapat digunakan dalam versi biasa dan versi pro.

Tentu di antara kedua versi itu memiliki perbedaan. Ketika kamu menggunakan versi biasa, kamu bisa memperoleh hasil scanning yang standar.

Sementara untuk versi pro atau berbayar, hasil scanning yang kamu peroleh akan sangat jernih. Setelah melakukan scanning, file dapat disimpan dalam format, JPEG dan PDF.

BACA JUGA: Aplikasi Kompres PDF di Android dan PC

Tiny Scanner

Tiny Scanner. (IST)

Aplikasi yang berikut ini juga layak banget untuk kalian pilih, terutama untuk pengguna yang menginginkan aplikasi berukuran ringan untuk diinstall di HP mereka.

Pasalnya, Tiny Scanner memiliki ukuran sekitar 19 MB saja, lho. Sebagai scanner, aplikasi ini tentu mampu melakukan scanning terhadap suatu dokumen dengan baik.

Hasilnya pun dapat dipilih sesuai dengan keinginan, bisa JPEG atau PDF. Cara scan menggunakan aplikasi ini adlaah kamu hanya perlu memotret bagian foto atau dokumen yang dibutuhkan.

Setelah itu, dipotong sesuai dengan kebutuhan dan simpanlah dengan format JPEG atau PDF.

PhotoScan by Google Photos – Aplikasi Scanner Foto

PhotoScan by Google Photos. (IST)

Tak kalah bagus dari beberapa aplikasi sebelumnya, PhotoScan by Google Photos pun menawarkan hasil scanning dalam beragam bentuk format, mulai dari JPEG, PNG, hingga PDF.

Cara scan dokumen dengan menggunakan aplikasi ini cukup mudah dan cepat.

Untuk menginstall PhotoScan by Google Photos juga sangat mudah, kamu hanya perlu membuka toko aplikasi Google Play Store dan carilah nama aplikasinya, klik Install.

Easy Scanner

Berikutnya ada Easy Scanner. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa melakukan scanning terhadap sebuah dokumen ke dalam bentuk JPG atau PDF.

Tak perlu khawatir dengan hasilnya karena hasil scanning-nya cukup jelas dan bagus. Easy Scanner juga memiliki ukuran yang cukup ringan jadi takkan membenani ruang penyimpanan HP kamu.

TurboScan

TurboScan. (IST)

Selain ringan, TurboScan dilengkapi dengan fitur dasar yang cukup bagus untuk sebuah scanner. Pemindaiannya cukup cepat dan dokumen pun dapat disimpan ke format file JPEG, PNG, dan PDF.

TurboScan memiliki salah keunggulan dari beberapa aplikasi lain, yakni proses pemindaiannya berlangsung cepat. Kendati memang terkadang muncul bug.

TurboScan juga cukup populer digunakan, karena di Google Play Store saja jumlah unduhannya mencapai 1 juta lebih pengguna.

Adobe Scan

Adobe Scan. (IST)

Aplikasi yang ke-7 ini juga bisa jadi pilihan yang pas untuk dicoba. Karena penggunaan dan proses pemindaiannya cukup cepat serta lancar.

Hasil scanning yang sudah kamu lakukan adalah berbentuk file PDF dan JPEG, kamu pun leluasa memilih sesuai yang diinginkan.

Adobe Scan bisa diakses di smartphone Android dan iPhone. Untuk pengguna Android, kamu bisa mendownload Adobe Scan di Play Store sedangkan pengguna iPhone/iOS di App Store.

Genius Scan

Genius Scan. (IST)

Aplikasi scanner foto yang bisa kamu download secara gratis ada Genius Scan. Aplikasi ini dapat digunakan memindai dokumen PDF dan dilengkapi dengan fitur utama yakni untuk pemindaian dokumen, konversi serta pembagian.

Tak hanya itu saja, Genius Scan juga memiliki fitur untuk memperbaiki scanning dokumen. Yuk unduh Genius Scan sekarang juga!

BACA JUGA: Aplikasi Scan Barcode yang Pas untuk Berbagai Keperluan

Itulah beberapa aplikasi scanner foto terbaik yang dapat digunakan di Android dan iPhone.